Nayra's Update (finally)

Sudah lama aku tak menulis perkembangan Nayra. Padahal bulan september nanti in shaa Allah akan dua tahun usianya. Cepat sekali ya nak. Terkadang ibu merasa ingin waktu berlalu cepat agar kau segera tumbuh besar, namun di sisi lain ibu merasa ingin kembali ke masa lalu. Memperbaiki hal-hal salah yang pernah ibu lakukan terhadapmu agar perkembanganmu bisa jauh lebih optimal dari sekarang.. yah, ibu masih harus banyak sekali belajar... banyak sekali... :(

Selama aku tak menuliskan perkembangan nayra, banyak sekali hal- hal yang terjadi. Mulai dari hal yang menyenangkan hingga hal yang sedih.  Seperti peristiwa yang terjadi bulan Maret lalu. Angku Nayra meninggal dunia karena sakit... :'( Ga nyangka juga sih... semua terjadi begitu cepat..  Nayra baru setahun main sama Angku dan sekarang Angkunya udah ga ada lagi..
Begitulah maut.. tak ada yang tahu kapan terjadinya. Kami hanya bisa doakan, semoga Angku bahagia disana, dilapangkan dan disejukkan alam kuburnya, serta diampuni segala dosanya. Aamiin...

Dan baiklah.. sekarang, aku ingin bercerita tentang perkembangan nayra.

Nayra sudah mulai bisa berjalan umur 13 bulan dan semakin lancar ketika berumur 14 bulan. Nayra pun suka berceloteh dan paham beberapa suku kata.
Pada saat ia berumur 15 atau 16 bulan, ia sudah memiliki lagu andalan sendiri yaitu lagu cicak-cicak di dinding... Hingga kini, menuju usia dua puluh bulan, Nayra sudah mengerti dan bisa bernyanyi beberapa lagu seperti balonku, topi saya bundar, kepala pundak, satu-satu sayang ibu dan beberapa lagu lain yang ia dengar dari video anak-anak.. terutama yang terdapat dalam kartun anak "dodo dan syamil". Nayra suka melihat kartun tersebut. Bahkan percakapannya pun sampai dia hafal, meski tentunya dengan pelafalan balitanya yang belum sempurna. Nayra juga suka mengikuti gerakan sholat, takbir, dan mengikuti bacaan Alfatihah maupun surat annas.

Nayra sudah mengerti dan mau mengucapkan kata seperti, minum, makan (biasanya akan ia sambung dengan nyam-nyam ^^), susu, bebea (kalo yang ini maksudnya mimik ^^), baju, celana, pipis, buku, mayoo (kalau yang ini maksudnya kucing), ayah atau papa, mama atau ibu, anggur, pisang, apel, sepatu, jalan-jalan, satu, dua, tiga, dadah, salam, air, mandi, tidur, baca dan lain-lain. Nayra juga sudah mengerti anggota tubuhnya sendiri, seperti kepala, gigi, rambut, tangan, kaki, perut, telinga, dan mata.

Nayra juga suka menggosok giginya sendiri sejak 11 bulan... meski dua bulan terakhir ini mulai agak males-malesan dia. Padahal sebelumnya dia suka semangat banget kalau liat sikat gigi, tapi sekarang udah mulai males. Nyikatnya cuma sekali dua kali gosok trus langsung dilempar.. +_+'' Akhirnya kadang harus "dipaksain" juga nyikatnya kalau dia lagi nggak mau.. Apalagi sekarang dia uda mengenal banyak makanan manis, kalau ga disikat bisa rusak giginya.

Kalau soal makan, Nayra angot-angotan. Beberapa bulan terakhir ini, gigi Nayra sudah 14 buah. Dan sepertinya akan ada yang tumbuh lagi. Kalau giginya mau tumbuh, nafsu makannya juga menurun, ngemil juga nggak mau. Apalagi kalau ditambah dengan sakit juga. Nah lengkaplah sudah. Makanya sekarang pertumbuhan BB badannya suka stagnan. Tidak terlalu banyak naik. Sedih sih kadang, tapi ya mau gimana lagi... huhu... kalau soal makan gini, emang nguras emosi banget.. kadang bisa mpe stress juga kalau liat anak ga mau makan.. mood langsung negatif dan bawaannya jadi sensitif... GTM oh GTM.. pergilah engkau jauh-jauh.. Sekarang aja beratnya udah mau kesusul sama sepupunya yang baru 5 bulan... xD. Ya sudahlah mau gimana lagi... huhu.

Kalau sekarang, Nayra hobinya orasi di depan teras rumah.. entah apa yang dia omongin.. pokoknya dia ngomong aja dengan suara kenceng.. kayak lagi orasi. Trus ngeluarin barang (atau ngeberantakin barang? :p), masuk-masukin benda-benda kecil ke kotak, joged-joged, nyanyi-nyanyi, ngoceh-ngoceh, dan jalan-jalan (biasanya ayahnya suka ngajakin jalan-jalan sore atau pagi). Nayra ini juga ga takut sama binatang (kecuali kecoa). Dia pernah liat ada kecoa trus langsung minggir deh dia sambil takut-takut. Kalau sama kucing, burung, anjing ga ada takutnya. Makanya, suatu saat nanti pengen ngajakin Nayra ke taman Safari. Disana hewan-hewannya lebih banyak dan lebih terawat daripada Ragunan.. (Dari denger-denger kata orang sih.. hehe..aku juga belum pernah kesana). Biar disana Nayra bisa liat banyak hewan dan belajar banyak hal...

oh ya, ini ada beberapa video nih pas sama Nayra... :))
Nayra lagi bikin gedung
Nayra lagi baca buku
Nayra sedang bergoyang
Nayra nyanyi cicak-cicak di dinding
Nayra lagi latihan vokal
Nayra jalan-jalan ke Masjid Kubah Mas
Nayra main kuda-kudaan
Nayra dan tusuk gigi
Nayra dan tusuk gigi versi 2 :D
Nayra sedang membaca
Nayra melukis

Lumayan banyak ternyata... hehe.. itupun juga ada yang belum dimasukin..
yap, masih banyak mungkin kisah yang belum diceritakan.. Tapi biarlah sekarang ditulis yang diingat-ingat dulu..

Yang penting, rekam saja dulu semua... biar suatu saat nanti Nayra ikut membacanya ya nak...

bye..

:*






Posting Komentar untuk "Nayra's Update (finally)"