Tafsir Albaqarah Ayat 1-3


sumber : news.detik.com



Bismillah. Jadi aku mau share sedikit tentang kajian dari ustadz Badrusalam yang aku tonton via youtube disini. Kajian ini memberikan penjelasan terkait tafsir Surat Albaqarah Ayat 1-3. Aku bikinnya perpoin ya karena aku mencatat hal-hal penting yang terlintas saat sedang mendengarkan. Mudah-mudahan bermanfaat ya.

1. Terkait ayat pertama, bahwasanya kitab alquran itu menjadi petunjuk atau hidayah bagi org bertakwa. 

2. Hidayah itu memiliki 4 makna menurut ibnul qoyyim. Pertama, hidayah yg bersifat umum dan bersekutu semuanya, seluruh makhluk. Hidayah ini maksudnya bimbingan atau sesuatu yg memang memiliki maslahat untuk makhluk tersebut. Contohnya, binatang sudah tau makannya apa. Seperti halnya kambing makannya rumput dsb. Jadi sifatnya umum, mencakup seluruh makhluk. Hidayah kedua, hidayah albayan yaitu hidayah berupa penjelasan dan ilmu. Hidayah ketiga adalah hidayah taufiq, yaitu hidayah agar ia kuat dalam mengamalkan ilmu. Hidayah keempat yaitu hidayah bagi penduduk surga untuk masuk surga, dan penduduk neraka untuk masuk neraka. 

3. Amalan sholeh adalah nutrisi bagi hati

4. Pikiran tidak terjaga jika melihat hal2 yg tidak diinginkan
5. Penyakit utama yang menyebabkan alquran tidak menjadi hidayah adalah karena cinta dunia yg berlebihan sehingga dia lebih mengutamakan dunia daripada akhirat. 

6. Amalan hati jauh lebih agung dari amalan anggota badan. Amalan hati itu seperti niat, cinta, rasa takut. Kalau dzikir itu termasuk amalan lisan. Amalan anggota badan itu Agung, tapi amalan hati lebih agung. Kalau menurut Ibnul Qoyyim, berdasarkan sebuah hadist, ada salah seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah, amalan apa yang paling utama. Rasulullah pun menjawab, pertama iman kepada Allah dan rasul, jihad fisabillillah dst. Padahal jihad itu jauh lebih berat karena bisa menghantarkan manusia pada kematian. Tapi disini Rasulullah justru menyebutkan amalan utama adalah iman kepada Allah. Itu berarti amalan hati itu lebih utama dibandingkan amalan badan. Bahkan amalan anggota badan itu dinilai dari amalan hati. Amalan hati memengaruhi besar kecilnya pahala amalan anggota badan.

7. Untuk mengimani sesuatu yang terlihat oleh mata itu mudah. Semua orang juga bisa. Tapi mengimani sesuatu yang ghaib gak semua orang bisa. Seperti halnya kita yg belum pernah bertemu rasulullah namun kita mengimani beliau, itu adalah nilai lebih bagi kita dibandingkan org2 yg beriman di zaman Rasul karena bisa mereka melihat beliau secara langsung. 

Posting Komentar untuk "Tafsir Albaqarah Ayat 1-3"