Review Buku : Abah

Judul : Abah...
Penulis : Ullan Pralihanta
Penerbit : Grasindo



Buku ini berisi tentang perjuangan seorang ayah yang baru ditinggal mati isterinya. Ia harus berjuang untuk kedua anaknya, Lanka dan Samara. Mulai dari mengurus rumah, mencari pekerjaan yang tak mudah hingga mengatasi konflik antara ayah dan anak.

Pendapatku tentang buku ini?
Sebenarnya temanya bagus ya. Tentang perjuangan seorang ayah. Hanya saja konflik dalam buku ini cenderung dipaksakan dan kadang agak tidak masuk akal. Contoh saja, kok bisa seorang bule cantik langsung jatuh cinta pada seorang kuli bangunan sejak pandangan pertama? Hingga si bule sampai mau membiayai rumah sakit hingga jadi sering berkunjung ke rumah Zain (tokoh utama). Ditambah lagi reaksi anak-anaknya yang berlebihan ketika melihat ayahnya dengan si bule, hingga anak-anaknya sampai tega meninggalkan ayahnya seorang diri. Di buku ini juga dikisahkan proses perjalanan hidup anaknya yang terasa berlalu terlalu cepat. Tiba-tiba saja kok Samara sudah jadi model. Lalu Alka kok bisa sampai diadopsi orang kaya raya yang baik hatinya. Terlalu banyak kebetulan yang membuat kisah buku ini jadi tidak natural. 

Saat awal-awal cerita sebenarnya sudah cukup bagus. Masih berjalan natural. Tapi ketika konflik mulai muncul, alurnya malah berubah menjadi seperti kisah dalam sinetron.

But overall, saya sih sepakat bahwa perjuangan seorang ayah itu amat besar. Seorang ayah akan berkorban apapun demi anak-anaknya termasuk mengorbankan kebahagiaannnya sendiri. Ini pesan utama yang saya tangkap dari buku ini.

Ratingku : 6/10




Posting Komentar untuk "Review Buku : Abah"