Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merawat Kain dengan Pelembut Pakaian

Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk  merawat pakaian agar tetap awet, lembut  dan wangi. Tentunya memang perlu ketelatenan agar pakaian kita bisa tahan lama yaa. Tapi kamu tak perlu khawatir, karena ada berbagai cara dan produk yang bisa membantu kita merawat kain. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan? Nah, berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Kenali Jenis Kain

 
Foto : pexels.com/ Madison Inouye

Dalam merawat pakaian, penting bagi kita untuk mengetahui jenis kain pada pakaian tersebut karena tiap kain memiliki cara penanganan yang berbeda. Misalnya bahan katun. Bahan katun memiliki sifat menyerap keringat, relatif awet dan tidak mudah kusut. Untuk merawat pakaian berjenis katun, kita harus menggunakan Detergen yang lembut agar pakaian jadi lebih awet. Selain itu, saat menyimpan pakaian berjenis katun, jangan dalam keadaan lembab karena pakaian katun mudah luntur.
 
Selain katun, ada juga bahan berjenis sifon. Bahan sifon sendiri terdiri dari beberapa jenis, salah satunya ada sutera sifon dan rayon crepe. Bahan sifon juga sebaiknya dicuci dengan tangan dengan detergen khusus untuk pakaian berbahan halus.
 
Ada juga bahan Jersey. Bahan ini biasanya sering digunakan untuk pakaian olahraga. Untuk merawat pakaian jenis ini sebaiknya dengan tidak merendamnya terlalu lama karena bisa merusak kain. Selain itu gunakan sabun cuci yang lembut dan tidak menguceknya karena membuat bahan Jersey ini menjadi kusut. Itulah beberapa jenis pakaian yang biasanya sering kita temui. Masih ada banyak jenis pakaian lain yang perlu kita ketahui supaya kita bisa melakukan perawatan yang tepat sesuai dengan jenis kain. Jika kita merawat dengan baik, maka pakaian pun akan jadi lebih awet.

2. Rawat Pakaian Berdasarkan Warna

 
Foto : pexels.com/ Julia Filirovska

Setelah tadi kita membahas beberapa jenis kain, ternyata untuk membuat pakaian jadi lebih awet, kita perlu juga melakukan perawatan berdasarkan warna. Contoh, pakaian berwarna gelap.
Untuk perawatan pakaian berwarna gelap, maka hendaknya kita harus memerhatikan cara yang tepat mulai dari mencuci hingga menyimpannya.
 
Saat mencuci, sebaiknya tidak direndam lebih dari 15 menit. Selain itu gunakan detergen yang lembut dan hindari penggunaan detergen yang mengandung pemutih. Saat menyetrika pun jangan menyetrika bagian luar, tapi dibalik saja pakaiannya seperti ketika menjemur. Pakaian bisa dibalik kembali ketika hendak melipat.
 
Untuk pakaian berwarna putih, ketika mencuci sebaiknya dipisah dengan pakaian berwarna, terutama yang mudah luntur. Jika warnanya sudah mulai luntur maka kita bisa gunakan pemutih yang biasa dijual dipasaran. Rendam beberapa menit. Setelah itu siapkan air hangat dan rendam kembali di air hangat yang sudah diberi detergen. Setelah itu baru deh direndam dengan pewangi pakaian. Jika ingin menyetrika dengan pewangi, pastikan cairan pewangi tidak berwarna ya agar tidak memberikan noda pada pakaian.


3. Gunakan Detergen dan Pelembut Pakaian yang Tepat

 
Foto : pexels.com/rodnae productions

Salah satu hal yang jadi masalah dalam merawat pakaian adalah ketika pakaian jadi cepat rusak atau mudah berbau apek. Supaya pakaian tidak cepat rusak maka gunakan detergen yang lembut dan tidak merusak kain. Seperti yang dijelaskan diatas, beberapa bahan kain membutuhkan detergen yang lembut agar serat kainnya pun jadi lebih terawat. Dan jika dalam kondisi cuaca hujan, biasanya pakaian juga cenderung rentan berbau apek. Oleh karena itu dibutuhkan produk terbaik untuk membuat pakaian jadi lebih bersih dan wangi. 

Nah, ada rekomendasi pewangi sekaligus pelembut pakaian nih  buat kalian yang ingin merawat pakaian dan membuat pakaian menjadi lebih wangi. Produk ini belum lama diluncurkan oleh Unilever lho. Produk ini sepertinya akan membuat kamu penasaran karena mengusung tema Korean strawberry. Memang ya, saat ini sedang populer hal-hal berbau Korea. Aku pun sebenarnya penasaran juga sama produk ini, apalagi pewangi pakaian ini katanya tak hanya memiliki wangi yang manis tapi juga segeerrr. Hmm....

Molto Korean Strawberry

Rekomendasi Pelembut pakaian yang bisa dicoba adalah Molto Korean strawberry. Produk ini diklaim dapat memberikan keharuman hingga 7x lebih wangi. Pelembut Pakaian Korea ini juga bisa melawan 7 sumber bau seperti keringat, apek, polusi, bau bawang, bau amis, asap dan bau badan (hmm.. Berarti ini produk yang pas ya terutama buat ibu-ibu, maupun orang yang sangat aktif berkegiatan yaa). Selain wangi, produk ini juga mampu melembutkan pakaian dan memberikan wangi segar nan romantis. 
 

Harganya?

Harganya pun juga terjangkau. Untuk ukuran 680 ml bisa didapatkan dengan harga Rp. 16.900 saja. Kamu bisa membelinya di Tokopedia, Shopee, JD.ID dan bisa juga dibeli di supermarket-supermarket terdekat. Oh iya, kamu juga bisa membeli dalam kemasan sachet ya. Harganya Rp. 500. Jika membeli 12, maka bisa mendapatkan gratis 1 sachet lho!

Rinso Korean Strawberry Powder


Nah, selain produk pelembut pakaian Korea, Unilever juga mengeluarkan produk detergen Rinso Korean Strawberry Powder. Produk detergen ini diklaim bisa menghilangkan bau apek maupun bau tak sedap pada pakaian. 
 
Produk ini juga bisa merawat pakaian dengan baik karena mengandung ekstra pelembut yang dapat membuat serat kain menjadi lembut dan halus. Kelebihan lainnya adalah bisa menjaga warna  tetap cemerlang, menghilangkan noda hanya dengan 1 kali kucek, surfaktan yang mudah terurai dan wanginya yang tahan lama hingga 21 hari. Kelebihan lainnya yang sangat penting, apalagi dalam kondisi sekarang ini, Rinso Korean Strawberry Powder juga  efektif membunuh bakteri dan virus hingga 99.99%! Keren gak sih? Oh ya, kalau kamu mau melengkapi nuansa Korean strawberry yang lain, kamu bisa juga mencoba produk  rangkaian Korean strawberry lainnya seperti produk Superpell Korean Strawberry dan Sunlight Extra Korean Strawberry.

Wah, makin tertarik nggak sih untuk nyobain rangkaian produknya? Yuk buruan beli aja di E-Commerce dan supermarket kesayangan kamu yah. Lumayan kan bisa ngerasain nuansa Korea di pakaian dan rumah kita.. hihi.

Posting Komentar untuk "Merawat Kain dengan Pelembut Pakaian"