Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cemilan Enak untuk Keluarga dengan KRAFT Quick Melt

Foto : pexels.com/Nastyasensei


Apakah kamu adalah seorang keju lovers? Keju memang merupakan bahan makanan yang cukup digemari dan bisa kita temukan dimana-mana. Pada dasarnya, keju sebenarnya bukan bahan makanan asli Indonesia, tapi boleh dibilang saat ini banyak sekali jajanan-jajanan bahkan makanan utama yang menggunakan keju sebagai bahan utamanya.

Dulu saya bukanlah termasuk penggemar keju, tapi saat ini berhubung keju memiliki banyak jenis dan banyak dibuat menjadi berbagai jenis makanan, cita rasa makanan pun jadi makin bervariasi sehingga lama-lama saya pun menyukainya.

Sebut saja makanan yang lumayan saya suka, ada bakso yg isinya keju lumer, bolu dan roti dengan krim keju, bolen pisang yang berisi keju lumer, sosis keju, cookies keju, dll. Ternyata keju bisa banyak dimodifikasi menjadi berbagai variasi makanan yang enak-enak. Yummy deh pokoknya.

Foto : pexels.com/Dana tentis




Sejarah Keju

Saya pernah membaca sebuah tulisan tentang sejarah awal terciptanya keju. Ada yang sudah tahu belum? Jadi ada penggembala sapi yang tak sengaja meninggalkan susu yang ia simpan dalam tas kulit kambing di dalam sebuah gua. Ketika ia kembali untuk mengambilnya ternyata keju itu sudah terfermentasi. Berhubung si penggembala sudah lapar, akhirnya ia pun mengambil susu yang sudah menjadi gumpalan itu dan memakannya. Ketika ia memakannya, tak disangka rasanya enak. Semenjak itulah akhirnya makanan yang sengaja terfermentasi itu sekarang kita kenal dengan nama keju.

Setelah itu para petani di jaman dahulu banyak yang menyimpan sisa susu menjadi keju. Ketika susu sudah menggumpal, mereka memukul-mukul gumpalan itu lalu dibiarkan kering karena sinar matahari. Agar keju tersebut memiliki rasa, para petani memasukkan garam ke dalam keju. Perkembangan keju pun terus berlanjut. Ketika industri makanan mulai bergeliat di abad ke-20, mulailah diperkenalkan berbagai variasi jenis keju yang makin kaya rasa seperti yang kita rasakan saat ini.

Kandungan Keju

Keju memiliki kandungan protein yang tinggi. Keju pun juga memiliki kandungan energi, kalsium dan fosfor. Bagi orang-orang yang tidak terlalu menyukai susu, terkadang mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi keju. Apalagi keju memang memiliki cita rasa yang khas yang sering dijadikan tambahan berbagai variasi makanan. Tak berlebihan jika saya mengatakan bahwa keju menjadi salah satu primadona bahan makanan dalam dunia kuliner kita.

Jenis - jenis keju pun semakin banyak yang bisa kita jumpai. Contohnya saja ada yang namanya keju edam, cream cheese, parmesan, ricotta dll. Kalau yang sering dijumpai dan sering dipakai sehari-hari biasanya ada keju mozzarella, keju cheddar dan keju melt.


Kraft Quick Melt




Apa itu keju quick melt? Mungkin ada yang belum tahu ya. Keju quick melt adalah sejenis keju cheddar yang bahan dasarnya adalah keju mozzarella. Jadi ketika ia dipanaskan maka keju akan meleleh dan ada sensasi kenyalnya. Enak sekali jika dijadikan isian makanan atau bahkan topping makanan. Kejunya pun memiliki kandungan kalsium yang bisa membantu memenuhi kecukupan gizi harian. Pokoknya bagi penyuka keju wajib coba keju quick melt ini sebagai tambahan bahan untuk cemilan di rumah.

Leleh Hanya Dalam Waktu 3 Menit





Salah satu keunggulan dari Kraft quick melt adalah bisa leleh dalam waktu 3 Menit. Cocok banget untuk para ibu yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sarapan. Kraft quick melt juga memiliki harga yang cukup terjangkau dan dapat ditemukan dengan mudah di mini market terdekat. Kraft quick melt memiliki sertifikat halal, sehingga konsumen muslim tidak perlu merasa khawatir untuk mengkonsumsinya. Teksturnya pun tidak terlalu cair/encer. Rasanya pun khas dan lezat, pokoknya cocok sekali dijadikan variasi makanan di rumah. 

Cemilan Cepat, Namun Tetap Nikmat


Terkadang saya bingung ingin membuat cemilan apa untuk anak-anak. Pengennya sih yang gampang, tidak menghabiskan banyak waktu, bergizi tapi tetap nikmat. Akhirnya saya pun mencoba mencari resep yang sesuai dengan keinginan. Ternyata ketemulah resep yang sesuai dengan yang saya harapkan, roti Tuna dengan Keju Melt. 

Caranya sangat mudah. Anak-anak juga bisa diikutsertakan dalam membuat resep ini lho Bund karena memang tidak sulit untuk membuatnya. Pokoknya resep ini mudah-mudahan bisa  jadi inspirasi untuk bekal anak di sekolah atau cemilan di rumah karena mudah diikuti, bahannya tidak sulit untuk ditemukan dan tentunya enak hasilnya. Yuk mari di coba!





Bahan-bahan :
2 roti gandum
Satu kaleng kecil tuna oil (sekitar 185-250 gr tergantung merk)
1 sdm Susu skm
2 sdm mayonnaise
Kraft quick melt sesuai selera (untuk taburan)
Oregano secukupnya

Caranya:
Ajak anak untuk mencampurkan satu kaleng tuna dengan susu skm dan mayoinnase. Jangan lupa dicicipi dulu rasanya ya. Untuk takaran skm dan mayoinnase bisa disesuaikan dengan selera kok.
Siapkan roti gandum. Minta anak-anak untuk mengolesi permukaan roti dengan campuran tuna tadi.
Minta anak untuk memarut Kraft quick melt dan minta mereka menaburkan keju diatasnya. Jangan lupa taburkan juga oregano diatasnya.

Panggang dengan suhu 200 derajat selama 10 menit. Anak-anak biasanya akan tidak sabar pada tahap ini hihi. Setelah selesai dipanggang,  roti tuna keju pun siap untuk disantap. Untuk lebih jelasnya bisa lihat juga di video Instagram ini yaa.

Bagaimana? Mudah sekali kan cara membuatnya. Perpaduan tuna dan keju quick melt makin menambah cita rasa dan  bisa  dijadikan sebagai cemilan atau bekal istimewa untuk anak-anak kita. Ayo jadikan kegiatan memasak sebagai bagian yang menguatkan kebersamaan bersama keluarga! 

Referensi : 
Jemi. (2021). Cipta Rasa Keju. Jakarta Timur. PT. Perca. 


16 komentar untuk "Cemilan Enak untuk Keluarga dengan KRAFT Quick Melt"

  1. wiiiiih... penampakan makanannya bikin ngilerrr... tapi keju yang bisa melting gini mahal kan Mbak? kalo keseringan, bikin boncos juga.. hahaha..

    BalasHapus
  2. Harganya sekitar 30rb pak. Ya buat sesekali gpp pak dicoba hehe.

    BalasHapus
  3. Seneng banget. Saya juga suka kraft keju varian ini, bisa banget dipakai utk makanan apa pun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya apalagi kalau dijadiin isian gt.. Ada lumer2nya.

      Hapus
  4. Enak ini... Sampe clegut clegut saya... Kenapa jajanan seperti ini tidak ada di warung² sekitar sini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa tuh clegut2? Hehe.. Iya coba bikin aja di rumah. Gampang loh.

      Hapus
  5. Aa saya juga suka quick melt ini mbak... buat bikin pizza lumayan enak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. Ini juga rasanya mirip2 pizza loh. Pizza praktis.. Hihi

      Hapus
  6. Seleraku banget nih. Tapi sayang ada mayonaise di situ. Jadi rasa kejunya berbenturan dengan rasa mayonaise.

    BalasHapus
  7. Sebagai cowok, pengen banget bisa buat" makanan gini. Biar kalau lagi kepengen, bisa langsung buat hehe

    BalasHapus
  8. Aduwhhh, jadi laperr kan sayaa. Bisa buat rekomendasi bekel anak sekolah nich, thnx yuu yaa kak

    BalasHapus
  9. Duhh enak bangettt jadi laper. Pengen buat juga deehh pake kraft quick melt. Thanks kak untuk resepnya

    BalasHapus
  10. Waah enak nih. Istri saya pecinta keju bakal langsung coba bikin ni. Makasih sharingnya..

    BalasHapus
  11. Ide seru bisa diawali dengan keju Kraft quick melt yang lezat yaa..
    Kalau ada keju Kraft quick melt, rasanya semakin semangat bikin kreasi menu untuk bekal sehat setiap hari untuk anak-anak sekolah.

    BalasHapus
  12. Cemilan yang cocok untuk menemani menulis artikel blog, enak tu pasti rasanya

    BalasHapus
  13. Enak banget. Tampak lezat. Dulu saya penggemar keju, sekarang beralih ke coklat. Hahahahaha. Keju untuk yg suka asin. Coklat untuk yg suka manis. Keduanya sama-sama lumer.

    BalasHapus