Yang Perlu Diketahui dalam Menulis Opini

pexels.com /pixabay


Tadi malam aku dan teman-teman oprec ODOP 2023, mendapatkan materi yang sangat menarik. Materi tersebut membahas tentang tulisan opini.

Pemateri tadi malam adalah Kak Utami Ningsih. Beliau sudah malang melintang dalam dunia kepenulisan termasuk dalam menulis opini. Beliau juga sering menulis opini di mojok.co. Namun, sebelum membahas opini lebih lanjut, kita harus tahu dulu dengan yang dimaksud opini. Apa itu opini?

Tulisan Opini merupakan tulisan yang berisi gagasan ataupun pendapat pribadi yang dibuat untuk merespons suatu kejadian atau berita. Tulisan opini biasanya mengandung empat hal yaitu :
1. Peristiwa aktual (biasanya berkaitan dengan hal-hal viral yaitu suatu topik, fenomena, atau kejadian yang sedang populer/banyak dibicarakan). 
Untuk isu di media, biasanya dianggap masih viral paling lama satu pekan. Tapi meskipun begitu, ada juga isu yang tidak lagi viral tapi gaungnya masih tetap ada. Misalnya kita ingin mengangkat kasus 1998, maka sertakan pemantiknya. Mungkin terkait dengan calon pilpres 2024. Maka hal tersebut bisa kita angkat kembali. Sekalipun opini membahas hal viral, bisa juga kok kita membahas hal lain. Misalnya membahas kebijakan pemerintah daerah, dll. Intinya kita bisa menulis opini tanpa isu viral. Tapi kita harus pastikan punya sesuatu yang menjadi "nilai jual" dari tulisan kita agar orang tertarik untuk membacanya.

2. Ada masalah yang diangkat
3. Pendapat
4. Usul/saran

Mengapa Kita Harus Menulis Opini?
Menulis opini mampu melatih daya berpikir terhadap suatu peristiwa. Menulis opini juga bisa menjadi wadah untuk menuangkan pendapat pribadi.

Lalu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis opini?
1. Kamu harus suka membaca, karena seperti Kang Maman Suherman katakan, "kamu tidak akan bisa menulis dengan baik, kalau kamu tidak suka membaca."
2. Peka terhadap isu/kabar. 
Dalam hal ini coba cari isu yang terasa relate dengan diri sendiri atau menggugah keresahan kita. Tulisan yang berangkat dari keresahan atau berasal dari hal yang paling dekat dengan kita biasanya akan lebih mengalir saat diproses.
3. Sebaiknya tulis sesuatu yang diketahui atau dikuasai.
4. Tulisan berdasarkan pendapat pribadi/sesuai sudut pandang pribadi. 
Sebenarnya kita juga bisa memasukkan opini orang lain, tapi sifatnya hanya sebagai pendukung argumen kita. Jadi tetaplah pendapat pribadi kita yang diperbanyak.
4. Punya pesan utama.
5. Punya argumen yang kuat.
6. Bersifat relevan.
7. Menyesuaikan gaya penulisan dengan media dan/atau pembaca yang akan disasar. 
Jadi kita perlu banyak-banyak membaca tulisan yang sudah tayang di media yang kita sasar. Kenali kriterianya, praktikkan lalu kirim. Tak masalah sekalipun mungkin nanti ditolak. Coba saja terus.
8. Memasukkan data, fakta, ataupun cerita yang menjadi titik awal lahirnya opini, serta sebagai penguat argumen. 
Tapi ingat, jangan kebanyakan data. Data secukupnya saja dan hanya dipakai sebagai sumber ataupun penguat pendapat kita.


Hal-hal yang dipersiapkan dalam menulis opini :
1. Cari topik yang ingin dibahas.
2. Buat poin-poin  terkait apa yang kita ingin sampaikan. Poin-poin tersebut akan membuat tulisan menjadi runut. Pembaca jadi tidak "kesasar", kita pun juga enak membacanya.
3. Riset di media sosial, kira-kira apa yang paling banyak meresahkan dari topik yang ingin ditulis.
4. Pilih yang paling relevan dengan kita dan publik.
5. Tulis dengan lugas, tak perlu narasi yang bertele-tele.

Dalam menulis opini, penting untuk kita agar selalu peka pada hal-hal viral yang terjadi di sekitar kita. Tapi bagaimana  kita bisa selalu up to date pada hal-hal kekinian yang lagi viral ya? Nah, untuk tahu  hal viral tersebut, kita bisa menggunakan cara-cara berikut :

1. Trending Google Trends
Masuk ke google chrome. Lalu Pada mesin pencarian google, ketik keyword atau kata kunci : google trends.

Pada baris ketiga, pilih trending now. 

Setelah itu, bagi kamu yang belum pernah melihat google trends, jangan lupa mengganti lokasinya menjadi negara Indonesia.
Jika sudah disetting, pilih yang daily. Maka akan muncul trending pada hari itu. Jika masih pagi maka harus bersabar karena biasanya yang muncul baru sedikit.
2. Trending di Youtube
Klik tanda berikut ( tanda berbentuk kompas).
Pilih menu trending.
Bisa pilih now, music, movie atau gaming. Sesuaikan dengan niche masing-masing.
3. Trending Twittter
Buka Twitter. Klik bagian paling bawah. 
Silakan pilih topik yang sesuai. 
Jangan lupa baca komentar-komentar netizen juga ya. Terkadang kita juga bisa melihat sudut pandang baru dari komentar-komentar mereka tersebut.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diketahui terkait menulis opini. Semoga bermanfaat ya. Mari semangat beropini!

Posting Komentar untuk "Yang Perlu Diketahui dalam Menulis Opini"