Inara Rusli dan Seputar Kontroversi

https://instagram.com/mommy_starla



Berita tentang rumah tangga Virgoun dan Inara rusli sempat menjadi perbincangan hangat selama beberapa minggu terakhir. Saya pikir perbincangan tentang mereka telah usai. Namun hingga dua hari ini, wawancara Inara Rusli bersama Atta Halilintar masih masuk ke dalam trending youtube (setidaknya trending 7 di youtube hingga saya menuliskan ini).



Ini masih menjadi bukti bahwa masyarakat kita masih tampak begitu tertarik dengan kisah perempuan dengan tiga anak ini.  Lalu apa sih sebenarnya yang membuat kisahnya masih menjadi isu hangat untuk diperbincangkan masyarakat Indonesia? 


Bermula dari Perselingkuhan Virgoun

Sejujurnya saya sebagai emak-emak dan seorang isteri sempat gregetan juga ketika Inara membuka isi chat suaminya ke story instagramnya. Seluruh tanah air saat itu heboh. Apalagi Virgoun selama ini dianggap sebagai artis yang baru hijrah. Berita perselingkuhan ini tentu memantik kemurkaan banyak perempuan dan lelaki kepada penyanyi "Surat untuk Starla" ini.

Semua langsung berempati dan memberi dukungan pada Inara. Bahkan saya pun termasuk juga diantaranya, walaupun tidak sampai berkomentar dan menyemangati langsung. Tapi yang jelas banyak yang tak menyangka bahwa sang suami melakukan zina hingga berkali-kali. Inara pun lalu banjir dukungan dan ia pun  mulai disorot banyak media. Semenjak itulah namanya makin dikenal banyak orang. 

Sempat Dianggap Membuka Aib

Inara lalu memposting berbagai bukti hubungan gelap virgoun. Ia lalu mulai membeberkan foto dan nama perempuan yang dianggap menghancurkan rumah tangganya. Ditambah lagi Inara mulai memberikan komentar soal perempuan itu.

Sampai disini sebenarnya  saya agak kurang setuju dengan langkah yang diambil Inara, termasuk komentarnya. Dia tampak begitu emosi dan mulai menyalah-nyalahkan si perempuan itu. Padahal suaminya kan sebenarnya pelaku utamanya (yang juga sama salahnya), namun dia malah melarang netizen berkomentar buruk tentang suaminya tersebut sementara dia sendiri sibuk berkomentar buruk tentang si perempuan. 

Lagipula kalau dipikir-pikir, bukankah dia sendiri yang memulai membuka aib suaminya itu? Lalu bagaimana mungkin dia bisa mengontrol komentar pedas netizen kepada suaminya setelah semua bukti yang ia beberkan di media sosial? Netizen pun akhirnya mulai menganggap Inara blunder. 

Memang sih, barangkali langkah yang ia ambil itu dipicu oleh berbagai emosi negatif pada dirinya. Marah, benci, kecewa dan rasa sedih mungkin sudah ia pendam sejak lama. 

Dalam wawancara dengan Atta pun ia mengatakan bahwa ia sudah curhat dengan orang terdekatnya, namun ia mengaku tak mendapat solusi atas permasalahannya. Sampai akhirnya tercetuslah ide untuk membeberkan masalahnya ke media sosial.

Sayangnya, walaupun saya sendiri berempati pada masalah yang ia hadapi, tetap saja menurut saya yang dilakukan Inara itu kurang bijak. Terbukti dia malah dilaporkan oleh si pelakor dan suaminya sendiri. Bahkan mertuanya pun ikut bersuara. Tuh, malah jadi makin panjang kan urusannya.

Melepas Cadar di depan Media

Inara yang awalnya bercadar, akhirnya memutuskan melepas cadarnya saat konferensi pers. Sejujurnya saat itu saya ikut sedih dan mata saya berkaca-kaca. Betapa tidak, seorang muslimah yang selama ini memutuskan menutup wajahnya akhirnya menyerah pada kondisi yang ada. Ia memutuskan melepas cadar yang ia sudah pakai cukup lama, demi anak-anaknya. 

Saya sendiri tak terlalu mempermasalahkan kenapa akhirnya ia membuka cadar. Barangkali dia punya banyak pertimbangan akan hal itu. Tapi kenapa harus dibuka di depan media massa yang notabene banyak laki-lakinya? Memangnya kita sedang menonton film ayat-ayat cinta?

Memang, saya tahu dia sosok yang dikenal masyarakat sehingga menurutnya perlu memberitahukan keputusannya itu ke publik. Tapi saya rasa tak perlu di depan media massa untuk mengumumkan itu semua kan? Sebenarnya, klarifikasi itu cukup dilakukan Inara di akun media sosialnya. Toh, followernya kan sudah 1.9 juta. Pasti cukup efektif dong untuk menginformasikan sesuatu. 

Apalagi akun infotainment dan media massa juga pasti akan cek dan ricek ke akun Instagramnya.  Menurut saya itu sudah bisa menjawab tanda tanya netizen terkait kondisinya. Dengan membuka cadar di depan media massa seperti yang ia lakukan, menurut saya justru malah terlihat mendramatisir suasana. 

Inara and The Spotlight 


Saat ini menurut saya Inara sudah bisa berdiri sendiri. Jika dulunya orang-orang lebih mengenal dia sebagai seorang istri Virgoun. Sekarang justru orang-orang ingin lebih banyak tahu tentang dirinya sendiri.

Bagaimana tidak? Ia masih muda, cantik, terlihat sholihah, dan manis masya Allah. Saya yakin banyak laki-laki yang mendambakan dirinya untuk dijadikan istri. Terbukti dari DM-DM di akun instagram yang Inara bagikan sendiri di story Instagramnya. Bahkan ia sampai dijodoh-jodohkan ke berbagai pihak. Sebut saja Ariel Noah salah satunya. 

Belum lagi komentar-komentar di Instagramnya. Rata-rata para lelaki banyak yang memujinya dan berharap menikahinya. Endorsement tampak mengalir deras. Ia pun jadi BA di sebuah klinik kecantikan. 

"Lampu sorot" itu sudah bukan milik Virgoun, melainkan sudah menjadi milik Inara Rusli. Inara sekarang makin terkenal sementara suaminya kian meredup.Sekarang pun tampaknya orang-orang sudah tak terlalu peduli dengan suaminya (yang hingga detik ini tak pernah meng-update sosial medianya). Inara pun berkata bahwa suaminya memang sudah tak pernah pulang dan menemui anak-anaknya. Semenjak berita itu terkuak, Virgoun memang menghilang bak ditelan bumi. 

Inara sekarang berjuang sendiri dan ia terlihat happy. Sekalipun ada beberapa hal yang saya tak sepakati dari sikapnya, namun sebagai perempuan tentu saya mendoakan yang terbaik baginya dan anak-anaknya.

Saya sih berharap meski sudah tak bercadar, semoga Inara tetap menjaga jilbab syarinya dan menjaga marwahnya sebagai muslimah. Apalagi sekarang netizen sudah mulai menilai penampilan dan perilakunya yang menurut netizen sudah mulai berbeda semenjak cadarnya dibuka. 

Semoga itu tidak benar adanya. Inara pun perlu belajar merespon  pendapat-pendapat netizen dengan bijak. Siapa tahu kan bisa jadi evaluasi untuk diri sendiri. 

Move on 


Saat ini menurut saya lebih baik Inara  fokus pada kesejahteraan diri dan anak-anaknya. Fokus memperbaiki diri dan ibadah. Tak perlu lagi memantik masalah perselingkuhan suaminya di depan media, karena pasti suaminya sudah mendapatkan balasan sesuai dengan perbuatannya. 

Move on dan fokus pada masa depan, tentu akan menjadi langkah terbaik untuk diambil. Tak hanya untuk Inara, tapi juga kita semua. 

Sudahlah, mari kita akhiri perbincangan tentang Inara Rusli. Lebih baik kita semangat nulis dan nguli lagi.


#tugas
#tantangan
#ODOP

Posting Komentar untuk "Inara Rusli dan Seputar Kontroversi "