Review Buku Handbook Pubertas Muslimah

Gambar : Dokumentasi pribadi


Judul Buku: Handbook Pubertas Muslimah
Penulis: Tim Penulis Komupedia
Jumlah halaman: 219 hal
Penerbit: Ahlan Pustaka Umat
Tanggal-bulan-tahun diterbitkan: Juli 2022
ISBN: 978-602-52623-9-5


Kali ini aku akan mencoba mereview sebuah buku yang menurutku sangat bagus untuk diberikan ke anak-anak yang akan aqil baligh. Sebagai orang tua yang memiliki anak usia 10 tahun, tentu fase ini memunculkan kekhawatiran sendiri. Kira-kira anakku siap gak ya menghadapi fase aqil baligh ini? Aku sepertinya butuh bantuan karena aku sendiri tidak begitu yakin. 

Akhirnya aku pun memutuskan mencari buku yang bisa dibaca bersama dengan anak supaya bisa menjadi persiapan bagi dia kelak. Seorang teman lalu merekomendasikan buku ini dan aku pun langsung membelinya di marketplace

Dari judul bukunya pasti sudah tahu ya buku ini akan membahas tentang apa. Jadi buku ini berisi tentang informasi-informasi yang diperlukan bagi anak-anak yang akan memasuki masa pubertas. 

Dimulai dari apa itu baligh, apa saja tanda-tanda pubertas, hal-hal apa saja yang berkaitan dengan menstruasi, perubahan tubuh apa yang bisa terjadi dll. Semua aspek dibahas dibuku ini
mulai dari aspek agama, biologis, kognitif dan sosial. 

Dari aspek agama contohnya saja dibahas soal hijab, mahram dan bagaimana menjaga diri. Menurutku ini menarik karena tidak semua buku membahas hal-hal ini. 

Gambar : Dokumentasi pribadi

Belum lagi ada materi juga yang membahas bagaimana harusnya remaja mencari jati diri, bagaimana menyikapi rasa suka pada lawan jenis dan bagaimana cara memanfaatkan waktu dengan baik. Tentu buku ini bisa menjadi panduan bagi remaja untuk tidak salah langkah dalam menjalani masa pubertasnya. 

Di jaman sekarang betapa banyak kita melihat fenomena remaja yang salah dalam memilih pergaulan. Banyak juga remaja yang masih belum memahami peran dan jati dirinya. Akibatnya remaja jadi mudah ikut-ikutan dan tidak paham dengan dirinya sendiri. 

Mereka tidak tahu hakikat penciptaan dirinya di dunia ini untuk apa. Yang ada dalam pikiran hanya sesuatu kesenangan yang bersifat semu dan kadang tidak bermanfaat untuk masa depannya. 

Ditambah lagi fenomena pacaran yang memberikan dampak buruk bagi remaja. Banyak juga anak remaja yang tidak fokus dengan pendidikan dan malah asyik dengan pacaran. Padahal dalam islam  pacaran itu tidak diperbolehkan. 

Nah, dalam buku ini anak-anak kita akan diajak untuk memahami tentang aturan berinteraksi dengan lawan jenis. Termasuk juga memberikan pengertian kenapa pacaran tidak diperbolehkan. Bahwasanya rasa suka kepada lawan jenis itu adalah fitrah dan normal. Namun kita harus bisa mengelola perasan itu agar tidak menimbulkan dampak buruk ke diri sendiri. Misalnya dengan sibuk melakukan aktivitas bermanfaat dan sibuk berkarya! 

Sebagai orang tua, aku sangat merekomendasikan buku ini kepada orang tua yang memiliki anak remaja atau aqil baligh. Ajak anak membaca buku ini dan diskusikan bersama. Sebaiknya minta mereka membacanya sebelum mereka masuk fase menstruasi ya supaya buku ini bisa jadi persiapan juga untuk mereka. 

Buku ini menurutku pembahasannya sudah lumayan lengkap karena tak hanya membahas soal pubertas tapi juga memberikan informasi lain terlihat nilai agama dan pengetahuan umum yang diperlukan anak. Contoh pengetahuan umum yang dibahas di buku ini adalah bagaimana menghadapi kulit yang berjerawat, cara membersihkan wajah dsb. 

Selain itu, saat membeli buku ini kita juga akan diberi bonus lho. Bonusnya berupa buku assignment tracker yang bisa dimanfaatkan anak untuk mengatur jadwal sehari-hari dan memaksimalkan  ibadah hariannya. Bagus banget. 

Buku ini juga ditulis oleh tim dan editor ahli yang berkompeten. Ada dokter kandungan, dokter anak dan dokter kulit. Aku bahkan dulu pernah bertemu dengan salah satu dokternya dan memang dokternya sudah cukup terkenal, setidaknya di wilayah tinggalku sekarang. Jadi aku meyakini bahwa informasi yang ada di buku ini insya Allah bisa dipertanggungjawabkan. 

Memang sih ada bahasa-bahasa tulisan yang mungkin cukup formal untuk anak remaja. Menurutku, kalau buku ini ditulis dengan gaya bahasa anak muda, mungkin akan lebih seru dibaca anak kali ya. But overall, menurutku itu tidak begitu jadi masalah, karena yang penting anak bisa memahami setiap penjelasannya. 

Itu saja yang bisa kubahas di review kali ini. Aku memberikan nilai 4.8/5 untuk buku ini karena sudah memberikan penjelasan yang bagus dan lengkap, terutama dari sisi agama. Semua materi yang disusun di buku ini benar-benar materi yang dibutuhkan oleh anak di fase pubertas. So, aku berani bilang bahwa buku ini wajib untuk dimiliki anak-anak yang akan masuk fase remaja. Sekian review kali ini ya! Semoga bermanfaat! 

Posting Komentar untuk "Review Buku Handbook Pubertas Muslimah"