Berkarya dengan Menulis di Blog

Sumber gambar : pixabay.com 

Pertama kali memutuskan membuat blog adalah ketika aku masih kuliah, tepatnya tahun 2010. Saat itu tujuanku hanya ingin menuliskan kegiatanku sehari-hari ketika aku kuliah. Tak lebih. 

Tahun berganti tahun. Aku lulus dan menikah. Kemudian aku pun melanjutkan peranku sebagai seorang ibu. Pada saat itu aku memberdayakan blogku sebagai tempat untuk merekam jejak tumbuh kembang anakku. Itu saja.

Setelah itu aku pun bergabung dengan komunitas ibu. Kami diminta melakukan berbagai aktivitas sebagai seorang ibu dan menuliskan aktivitas itu di blog sebagai tugas. Pokoknya hanya sekedar untuk itu. 

Selama beberapa tahun, blog hanya sebagai tempat menuliskan aktivitas keseharian dan komunitas. Sesekali aku menuliskan opini dan berbagai keresahan disana. Bagiku fungsi blog hanya itu saja.

Hingga suatu ketika aku bergabung secara tak sengaja dengan sebuah komunitas blogger. Saat itu tujuanku bergabung hanya untuk menambah teman di dunia perblogingan. Tak muluk-muluk, karena aku adalah seorang ibu rumah tangga yang hanya di rumah saja dan berharap bisa melakukan aktivitas lain selain mengurus rumah. 

Ternyata setelah bergabung disana aku tak menyangka bahwa menjadi seorang blogger bisa memberikan peluang-peluang lain yang cukup menjanjikan, terutama buatku sebagai seorang ibu. Sungguh sebuah informasi yang baru kuketahui. 

Banyak diantara para blogger tersebut yang mengikuti lomba dan memenangkannya. Ada juga yang mengambil job Sebagai seorang blogger dan mendapatkan uang darinya. Selain itu blog bisa juga dimonetisasi sebagai tambahan pundi bagi para blogger.

Aku lalu makin tertarik untuk menekuninya. Selama ini kupikir blog itu hanya sebuah buku online tempat menyalurkan rasa dan pikiran, ternyata blog juga bisa dijadikan salah satu pintu pemasukan. 

Aku mulai memperbaiki blogku. Berusaha membuatnya terlihat sedikit profesional (walaupun di bagian ini rasanya masih tertatih-tatih). Aku lalu membeli domain berbayar dan mulai membuat artikel-artikel yang baik (setidaknya lebih baik daripada yang sebelumnya kukira hehe). 

Aku pun berusaha menambah jam terbang sebagai seorang blogger. Aku mulai mengambil job sebagai blogger. Alhamdulillah sudah beberapa kali bisa menghasilkan uang dari sini. 

Aku pun mengikuti berbagai lomba blog (walaupun sampai saat ini belum pernah menang hiks). Tapi memang aku masih harus banyak belajar untuk ini karena aku melihat blogger senior lain memang memiliki blog yang sangat bagus.

Oleh karena itulah aku pun jadi tertantang untuk mulai serius menjadi blogger. Salah satu ikhtiarku untuk itu adalah dengan bergabung bersama ODOP di OBS.

Aku ingin sekali menjadi blogger profesional yang konsisten menulis hal-hal bermanfaat. Aku ingin bisa menghasilkan uang dari sini. 

Aku tahu ketika menjadi seorang ibu aku merasa gerakku di dunia luar seakan terbatas. Tentu aku mencoba memahami itu. Namun, ada kalanya aku ingin sekali melakukan aktivitas berbeda yang berkaitan dengan hobiku. 

Aku ingin mengasah kemampuanku dalam menulis. Ketika aku bisa menghasilkan sebuah postingan di blog  ternyata aku menyadari bahwa itu bisa membuat kebahagiaan tersendiri bagiku (apalagi jika kelak bisa sampai menghasilkan uang dari sini ya hehe). 

Menulis di blog adalah sebuah pencapaian tersendiri karena memang tidak mudah, apalagi jika harus konsisten untuk menulis. Namun, Blog ini adalah karyaku. Aku senang jika bisa menghasilkan karya.

Bagi orang lain terkadang blog bukanlah sesuatu yang menarik. Namun bagiku blog adalah sebuah wadah yang menampung hobi dan karya. Oleh karena itu aku berharap bisa menghasilkan  karya yang berkualitas. 

Aku tahu ini sepertinya akan menjadi sebuah perjalanan panjang. Namun semoga dengan semakin menyelami dunia blog ini, aku makin bisa memperbaiki kemampuan menulisku dan meningkatkan kualitas blogku.

Sudah bertahun-tahun aku memiliki blog ini. Bagiku blogku ini seakan sudah menjadi aset pribadi yang harus terus kukembangkan. Semoga dengan bergabung di komunitas blogger, semua harapanku bisa tercapai. Aamiin. 

Posting Komentar untuk "Berkarya dengan Menulis di Blog"