Ibu Belajar : Bersama ODOP Blogger Squad

Odop blogger squad
Foto : freepik.com diedit dengan Canva



Aku pernah cerita sebelumnya tentang kegiatanku mengikuti oprec ODOP. Alhamdulillah aku sudah berhasil melewati tantangan selama enam minggu berturut-turut.

Saat ini aku sudah tergabung ke dalam odop angkatan 11. Sebuah pencapaian tersendiri untukku mengingat perjalanan yang tidak mudah untuk bisa menjadi bagian komunitas ini.

Komunitas ODOP ini memiliki beberapa program lanjutan, salah satunya adalah OBS. OBS merupakan singkatan dari ODOP Blogger Squad. Saat ini aku mengikuti OBS karena aku ingin lebih mendalami dunia blogging. 


Sekilas tentang ODOP Blogger Squad (OBS)

Odop blogger squad
Gambar : freepik.com diedit dengan Canva 


Dari yang aku baca-baca, kelas OBS ini pertama kali dibentuk tahun 2016. Untuk bisa masuk kesini ada syarat-syaratnya. 

Pertama, sudah dinyatakan lulus menjadi anggota ODOP. Kedua, mendaftar Open Recruitment. Ketiga, mengikuti materi dan mengerjakan tugas yang diberikan. Pokoknya kita tidak boleh lupa mengerjakan tugas ya karena kalau tidak nanti bisa dieliminasi. 

Pembukaan recruitment kelas OBS ini biasanya dilakukan setahun sekali dan terbuka untuk semua anggota ODOP. Oleh karena itu, tak mengherankan jika yang mengikuti kelasnya nanti bisa berasal dari berbagai angkatan. 

Yang Seru dari OBS

Odop blogger squad
Gambar : freepik.com diedit dengan Canva 


Tentu saja materinya. Alhamdulillah senior-senior di OBS tidak pelit ilmu. Di dalam OBS ini ada senior-senior yang memiliki segudang pengalaman dalam blogging, seperti Kak Jihan, Kak Nimas, Pak Yonal dll. Mereka akan membimbing anggota OBS agar bisa lebih paham tentang dunia blog. 

Jika kita ada pertanyaan seputar materi atau blogging maka mereka akan membantu menjawab. Aku pun jadi bisa belajar banyak hal tentang dunia blog. 

Aku ingat materi pertama yang diberikan ketika kami pertama kali masuk OBS. Kak Nimas memberikan materi terkait adab dalam menuntut ilmu. Sebuah awalan yang baik dalam memulai pembelajaran sih menurutku. 

Saat itu Kak Nimas menyampaikan beberapa poin, intinya kita harus paham adab yang baik kepada guru. Pahami tata tertib yang diberikan. Jangan biarkan guru menunggu. Jangan menyela ketika proses pembelajaran dsb. 

Percuma jika kita pintar dan paham segalanya namun tidak diiringi dengan akhlak yang baik. Kak Nimas juga menyatakan bahwa penting untuk punya niat yang baik dalam menuntut ilmu. Jangan sampai kita belajar hanya agar dipuji orang lain. 

Selain niat, kita juga tak boleh terburu-buru dalam belajar. Nikmati proses dan tahapan-tahapan selama belajar. Jangan inginnya cepat-cepat selesai dan ingin segera mendapatkan hasil karena walau bagaimanapun semua butuh waktu. 
.
Selain hal tersebut, kita juga perlu menghormati guru, tidak membuat guru menunggu, dan siap untuk mengamalkan ilmu yang sudah didapat.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui dalam materi pertama. Di materi lainnya kami juga diminta menguatkan motivasi kami dalam ngeblog. Sebenarnya apa sih tujuan utama kami untuk Ngeblog? Dengan memahami alasan utama ini, akan membantu kami untuk bisa konsisten dalam blogging karena kami sudah punya motivasi masing-masing. 

Setelah itu kami juga belajar dengan Pak Yonal Regen. Kami diminta untuk mulai menentukannya niche blog kami.

Sejujurnya aku juga masih belum mempraktikkan dengan baik. Blogku masih sangat pembahasannya. Namun dari materi yang diberikan Pak Yonal, sedikit banyak aku jadi punya pemahaman, mau dibawa kemana blogku ini kedepannya.

Materi selanjutnya, kami mulai diminta praktik. Kami diminta untuk menuliskan halaman Tentang Saya di blog. Aku sendiri sebelumnya belum pernah membuat halaman itu di blogku sehingga tugas ini benar-benar membantuku untuk belajar hal baru.

Aku juga membuat favicon atau gambar kecil yang muncul setiap kali orang membuka blog kita. Sebenarnya dulu aku pernah membuatnya tapi berhubung ada masalah, favicon itu pun sudah menghilang. Tugas ini akhirnya membantuku untuk membuat favicon yang baru. Aku senang sekali dengan materi yang langsung praktik ini. Jadi sekalian bisa memperbaiki blogku juga jadinya. 

Setelah materi tersebut kami juga diberikan materi tentang TLD atau domain berbayar. Alhamdulillah aku sendiri sudah menggunakan domain berbayar, jadi aku tidak perlu pusing-pusing lagi. Hanya saja tugas artikelnya belum aku kerjakan karena rentang waktunya masih lama sehingga aku pun malah jadi malas mengerjakannya sekarang haha. 

Lalu materi yang baru saja aku pelajari adalah materi tentang kaidah SEO yang dibawakan oleh Kak Jihan. Wah aku suka sekali materi ini karena banyak hal yang baru aku ketahui. 

Aku baru tahu tentang pentingnya memilah-milih keyword agar artikel kita bisa tampil optimal. Sejujurnya aku belum pernah melakukan ini sebelumnya huhu. 

Aku juga baru tahu tentang pentingnya memasukan internal dan eksternal link di artikel kita. Hal itu ternyata bisa membantu meningkatkan performa kita di google search. Pokoknya aku belajar banyak hal baru disini. 

Aku jadi makin semangat untuk menerapkannya di blogku karena jujur saja masih banyak yang belum aku praktikkan di blogku. Pantas saja dari dulu blogku hanya begini-begini saja ya. Memang segala sesuatu itu ada ilmunya ternyata. 
Mudah-mudahan dari materi kak Jihan tadi malam, kualitas blogku bisa menjadi lebih baik. 

Kesanku tentang ODOP Blogger Squad

Sejauh ini aku masih sangat excited dengan materi-materi yang akan diberikan selanjutnya. Aku sangat senang dengan keberadaanku di kelas ini karena membantuku memahami banyak hal seputar blog. 

Selain itu aku juga senang dengan para senior yang dengan baiknya mau berbagi ilmu seputar blog. Mereka mau menjawab setiap pertanyaan dan mau membantu ketika kami mengalami kesulitan. Semoga Allah berikan keberkahan dan kebaikan pada setiap manfaat yang mereka tebakan. 

Aku sih sangat berharap bisa belajar lebih banyak lagi di blog ini. Suatu saat aku ingin membuat blog ini bisa menjadi lebih baik dan lebih profesional kedepannya. Semoga aku bisa bertahan dan terus semangat untuk belajar ya. Semangat untuk kita semua. 



Posting Komentar untuk "Ibu Belajar : Bersama ODOP Blogger Squad"