Review Covenant Air Purifier AP-05 : Murah tapi Tidak Murahan


Beberapa bulan terakhir aku sering kali mendapatkan informasi tentang kualitas udara yang mulai memburuk. Sebagai warga Tangerang Selatan, tentu ini jadi kekhawatiran tersendiri, mengingat wilayah Tangerang Selatan termasuk kedalam daerah yang tingkat Air Quality Index (AQI) diatas 150, atau tergolong tidak sehat. 

Sore tadi pun aku memeriksa kualitas udara disini ternyata masih tergolong tidak sehat. Tentu sebagai ibu dari empat anak hal ini membuat khawatir. Apalagi saat ini anak-anak mudah sekali terkena batuk pilek. Entah karena virus atau mungkin karena polusi udara yang kian memburuk. 

Udara Tidak Sehat, Harus Bagaimana? 

Aku teringat peristiwa di bulan Oktober tahun lalu. Itu merupakan peristiwa yang sangat melelahkan bagiku sendiri. 

Saat itu anak-anak batuk tak kunjung sembuh. Sementara aku baru saja melahirkan Cesar dan harus mengurus bayi. Saat itu kami berupaya sebisa mungkin untuk menjaga kesehatan anak-anak. Mulai dari mengurangi cemilan tak sehat, memberikan madu setiap hari, memberikan buah-buahan untuk asupan vitamin dsb. 

Namun kami berpikir apakah itu cukup? Kira-kira apalagi yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengurangi kemungkinan anak sakit? Aku mulai terpikir bagaimana kalau kami menggunakan air purifier sebagai salah satu ikhtiar kami untuk menyediakan udara bersih untuk anak-anak? 


Menurut situs alodokter.com, air purifier memiliki banyak kegunaan :

1. Mencegah alergi 
2. Mencegah kambuhnya asma
3. Mengurangi risiko penularan penyakit 
4. Menghilangkan aroma menyengat
5. Menurunkan risiko terjadinya penyakit paru

Dengan berbagai pertimbangan, suami lalu berpikir untuk membeli alat pembersih udara. Sebenarnya aku pun kurang tahu juga apakah itu akan efektif atau tidak. Tapi kami pikir tak ada salahnya dicoba. 

Akhirnya dia pun mencoba mencari merk pembersih udara yang kualitasnya cukup bagus dengan harga yang ramah di kantong. Pilihan suami pun jatuh pada  Covenant Air Purifier AP-05. 

Secara harga, menurut kami lumayan murah. Saat itu suamiku membeli seharga 400 ribu-an. Review di marketplace cukup baik. Suamiku langsung membeli dua unit. Satu unit untuk diletakkan di kamar anak-anak dan satu lagi dikamar kami. 

Spesifikasi Covenant Air Purifier AP-05


Air Purifier murah
Gambar : tokopedia.com

Spesifikasi : 
Berat: 5 kg
Tingkat pengiriman udara bersih (CADR): 180 m3/h
Jangkauan Area: Mulai 35m2 - 50m2
Konsumsi Daya: 35-45 Watt
Tegangan: 220V~240V
HEPA FILTER : 3 lapisan (Hepa 13) 
Kendali Remote Control
3 mode Kecepatan yang bisa diatur
tingkat kebisingan : 40dB
Filter dapat bertahan Hingga 3000 JAM 
Filter dapat digunakan 6-12 Bulan

Isi dalam kotak:
1x Air Purifier ( Termasuk Filter dan Kabel Daya dengan panjang 1,3 Meter)
1x Buku Panduan
1x Remote Control
1x Hepa Filter didalam mesin

Kenapa Memilih Covenant Air Purifier AP-05?  


Covenant Air Purifier AP-05
Foto : dokumentasi pribadi 


Berikut  ini  beberapa alasan kenapa kamu bisa menjadikan produk Covenant ini sebagai pilihan. Ini berdasarkan reviewku selama menggunakan produk ini selama sembilan bulan ya. 

1. Harga Murah dan Lebih Hemat

Jika kamu ingin membeli air purifier yang murah tapi gak murahan, menurutku kamu bisa beli produk ini. Saat kami membeli tahun lalu, harganya masih dalam kisaran 400 ribuan. Namun saat mengecek ke akun marketplace officialnya, ternyata mereka lagi ada promo sehingga harganya jadi lebih murah. 

Jadi jika ingin membeli air purifier dengan budget terbatas, menurutku ga ada salahnya untuk mencoba membeli ini. Cukup worth it kok. Apalagi daya wattnya tidak begitu tinggi, hanya menghabiskan sekitar 35 watt saja. 

2. Awet

Setidaknya sampai saat ini, belum ada masalah apa-apa yang kami temukan. Kami membeli produk ini bulan November 2022 lalu. Sudah hampir setahun. 

Alhamdulillah dari sejak membeli hingga sekarang, produk ini masih tetap beroperasi dengan baik. Mudah-mudahan sih tetap awet sampai seterusnya ya. 

3. Mudah Dioperasikan

Boleh dibilang penggunaannya cukup mudah. Tinggal pasang filter dan hidupkan. Pokoknya gak ribet. Kalau sudah kotor, tinggal ganti filternya dengan filter yang sudah bersih. Untuk pengaturannya pun bisa disesuaikan dengan kondisi. 

4. Efektivitas Tinggi 


Menurut alodokter.com, sebuah air purifier yang bisa bekerja efektif sebaiknya dilengkapi Hepa Filter. Kenapa? Karena  Hepa Filter dapat menyaring partikel halus berukuran 0,3 mikron. 

Produk Covenant Air Purifier AP-05 ini juga dilengkapi Hepa filter sehingga bisa mengeliminasi hingga 99.7% partikel halus, termasuk PM2.5 (partikel yang sangat kecil, berukuran hanya 3 persen dari diameter rambut manusia), asap, debu rumah tangga, bulu hewan peliharaan, jamur, serbuk dan partikel berbahaya lainnya.

5. Dilengkapi Berbagai Fitur Pelengkap

Selain keunggulan tersebut, produk ini dilengkapi dengan timer sehingga kita bisa mengatur berapa lama produk beroperasi. Kita juga bisa memantau suhu udara di sekitar kita. 

Tak hanya itu, kita juga bisa melihat bagaimana kualitas udara kita. Apakah dalam kondisi poor, medium, atau good karena produk ini dilengkapi dengan kemampuan mendeteksi kualitas udara di dalam ruangan. 

Air purifier ini juga memiliki remote control jadi bisa kita kendalikan jarak jauh. Selain itu hembusan kipasnya pun tidak hanya  mengarah satu sisi saja tapi juga bisa sampai 360 derajat sehingga udara bisa mengalir secara merata. Air purifier covenant juga memiliki keunggulan lain yaitu anti alergi, anti bakteri, anti bau, anti virus. 

6. Design Simple dan Stylish

Yang aku suka juga dari Covenant Air Purifier AP-05 ini adalah designnya yang simple. Cocok ditempatkan dimanapun. Bahkan bisa menambah keestetikan ruangan di rumah. Bahannya pun menurutku cukup ringan sehingga mudah untuk dipindahkan kemanapun. 

7. Tidak Berisik

Tingkat kebisingan alat ini hanya sekitar 40 dB. Tidak berisik. Apalagi untuk ukuran ruangan yang kecil ya. Bahkan kalau mau tidur dan merasa terganggu dengan pencahayaannya, bisa ganti ke mode night sehingga tidak akan sampai mengganggu tidur kita. 

Sejauh ini aku cukup puas dengan produk ini karena tak ada masalah atau error apapun yang ditemui. Setidaknya sampai hari ini ya. 

Produk ini menurutku juga cukup efektif mendeteksi polusi udara. Jika ada bau parfum atau wangi-wangian atau bahkan ada bau yang tidak diinginkan, biasanya sensor udara akan menampilkan kode bahwa kualitas udara sedang buruk, sehingga air purifier akan segera bekerja untuk membersihkan udara agar tidak bau lagi. 

Memang aku sendiri juga tidak bisa memastikan apakah produk ini benar-benar bisa mengurangi virus dsb. Tapi setidaknya air purifier ini bisa jadi salah satu usahaku untuk memiliki udara yang lebih bersih. 

Itulah beberapa pendapatku terkait produk Covenant Air Purifier AP-05. Jika kamu berminat pada produk ini, bisa cek link berikut ya. Oh ya, jangan lupa cek juga tulisanku yang lain disini ya. Thank you 





Sumber Referensi Tambahan:
https://tiperumah.id/blog/air-purifier-hepa-terbaik/

Posting Komentar untuk "Review Covenant Air Purifier AP-05 : Murah tapi Tidak Murahan"