Liburan Keluarga ke Pantai Anyer Hotel Patra



Saat anak liburan sekolah beberapa waktu lalu, aku dan keluarga menghabiskan waktu berlibur ke Serang. Di sana kami berkunjung ke tempat keluarga. Lalu setelah itu pergi ke Pantai Anyer. Seperti yang diketahui, Pantai Anyer adalah Pantai yang berada di Provinsi Banten. Ada beberapa jenis pantai Anyer. Yang kami datangi adalah pantai Anyer yang berada di daerah Karang Bolong. 

Awalnya aku agak sanksi dengan keindahan pantai Anyer karena dengar-dengar pantai di daerah sini kurang bersih. Namun setelah sampai di sana ternyata dugaanku salah.

Pantai Anyer  yang Indah! 

Ada banyak lokasi pantai yang bisa dijadikan tempat beristirahat. Saat itu kami memilih wilayah di sekitar Hotel Patra. Hotel Patra sendiri ada di Jl. Raya Karang Bolong KM 130.

Sesampainya di sana kami menepikan mobil di parkiran. Saat itu kondisinya sepi. Buat kami tentu itu menjadi suatu keuntungan tersendiri.

Kami lalu naik ke atas bangunan di wilayah hotel. Ternyata aku baru tahu kalau bangunan itu adalah sebuah restoran.

Agak kaget juga ketika sampai di sana karena bangunan yang disebut restoran itu seperti tempat yang tak berpenghuni. Apa mungkin karena kami lewat dari belakang? Kurang tahu juga.

Saat kami melewati tempat itu. Banyak sekali debu dan kayu bangunan yang terlihat sudah rusak. Namun kami tak terlalu memperdulikan itu karena sorot mata kami langsung dimanjakan oleh keindahan pantai Anyer. 

Seperti biasa kami pun langsung mengabadikan momen itu. Kami bersama anak-anak, adik ipar dan mama mertua langsung berfoto di spot-spot terbaik. 

Pemandangannya menurutku bagus sekali. Apalagi aku sudah lama tidak bermain ke pantai. Pemandangan di Pantai Anyer cukup memuaskan kerinduanku pada pantai. Apalagi kami melihatnya dari tempat yang tinggi. 

Pantai Karang Bolong
Foto : dok.pribadi

Ombak-ombak terlihat berkejaran. Suaranya pun membuat hati tenang. Sungguh pengalaman liburan yang menyenangkan bagi kami saat itu. 

Bermain Air di Pantai Anyer

Kami lalu memutuskan turun dan suamiku mengajak anak-anak bermain air di pantai. Sebenarnya aku sangat ingin bermain air bersama anak-anak. Namun dilarang suami karena aku tidak punya baju ganti. 

Suatu penyesalan besar karena memang waktu itu aku membawa baju pas-pasan. Aku akhirnya hanya mengamati dari jauh saja sambil menggendong anakku yang masih bayi. 

Aku sempat bermain sebentar dan kulihat pantainya cukup bersih. Memang sih masih ada sampah-sampah berserakan di pinggiran pantai tapi setidaknya airnya tidak sekotor yang kubayangkan. 
Pantai Serang
Serunya bermain di pantai (foto : dok.pribadi)

Salah satu yang kusesali adalah sulitnya mencari tempat sampah di daerah itu. Akhirnya mau tak mau kita harus membawa sampah sendiri. 

Selain itu, karena tempat itu adalah termasuk kawasan pantai, jadi tidak ada tempat pemandian khusus bagi orang-orang luar yang selesai berenang di pantai. Tempat pemandian hanya ada di tempat penginapan yang disediakan hotel. 

Kalau di hotel Patra, bentuk penginapannya seperti rumah-rumah kecil atau cottage. Tempatnya cukup nyaman dan pemandangannya pun menghadap ke laut. Jadi kita bisa beristirahat sambil melihat pantai. 

Tempat Nyaman untuk Liburan

Kami memutuskan untuk menginap di Hotel tersebut. Anak-anak pun sangat senang karena tempat tidurnya juga cukup luas. 

Untuk kebersihan sebenarnya lumayan bersih. Hanya saja ada beberapa bagian yang menurutku masih berdebu dan kotor.

Saat sore hari, anak-anak menghabiskan waktu di pantai. Di sana juga ada yang menyewakan sepeda motor roda empat atau ATV untuk digunakan berkeliling pantai selama 15 menit. 

Pantai Hotel Patra
Bermain pasir (foto : dok. Pribadi) 

Yang kusuka adalah pantai itu berpasir. Biasanya agak susah menemukan pantai di daerah dekat Jakarta yang bisa dijadikan tempat bermain pasir. 

Kalau di Pantai Anyer anak-anak sangat senang karena mereka bisa puas bermain pasir. Pasirnya juga tidak terlalu kotor terutama pasir yang dekat dengan pantai. 

Di sana juga ada penduduk lokal yang menjual cemilan semisal otak-otak dan cilok. Ada juga yang menjual kelapa muda. Jika mau ke mini market juga tinggal jalan ke depan hotel. Di depan hotel juga banyak restoran yang menjual makanan. Jadi untuk makanan sebenarnya pengunjung juga punya banyak pilihan. 

Oh ya, menginap di Hotel Patra akan memberi kita kesempatan untuk melihat sunset. Kami sebenarnya ingin menunggu itu. Sayangnya setelah menunggu lama ternyata saat itu langit mendung sehingga sunset pun tidak terlihat. 

Pagi Hari di Anyer

Tidur di hotel dekat pantai memang memberikan keseruan tersendiri. Mendengar suara ombak di malam hari sepertinya bisa membuat kira tidur lebih nyenyak. Sayangnya saat malam hari tidak ada penerangan di dekat pantai. Akibatnya saat itu di luar terlihat sangat gelap. Pantai benar-benar tak terlihat. Hanya suara debur ombak saja yang bisa terdengar. 

Keesokan paginya kami bermain lagi ke pantai. Sekitar jam 6 pagi pantai tampak sepi. Penjual makanan belum ada. Aku dan anak-anak bermain pasir dan mencari hewan-hewan laut di dekat pantai. Seru sekali. 

Setelah itu mulailah berdatangan ibu-ibu penjual beragam makanan. Ada yang menjual pisang, nasi uduk dan gorengan. Lumayan juga untuk makan saat sarapan. 

Di hotel Patra sebenarnya juga disediakan sarapan. Namun hanya untuk dua orang. Jadinya aku dan anak-anak membeli makanan lain di luar saja. Setelah sarapan, kami pun mandi dan pulang. 

Sejauh ini aku merasa sangat senang dengan liburan kali ini. Apalagi awalnya aku tak punya ekspektasi lebih pada Pantai Anyer. Ternyata setelah kulihat  pantai Anyer itu bagus juga. Apalagi jika kita ingin liburan bersama keluarga di tempat yang nyaman.. 

Jika kamu tinggal di Jabodetabek dan ingin bermain pantai, aku rasa kamu perlu sesekali menyempatkan jalan-jalan ke Pantai Anyer. Lautnya indah dan pasirnya pun cukup bersih. Bisa jadi tempat menyenangkan untuk berliburan bersama keluarga. 

Aku sendiri ingin sekali mengunjungi Pantai itu kembali. Mudah-mudahan nanti bisa ada kesempatan. Ayo yang mau liburan, silakan berkunjung ke Anyer! Oh ya, jangan lupa cek reviewku lainnya ya. 

18 komentar untuk "Liburan Keluarga ke Pantai Anyer Hotel Patra"

  1. Comment Author Avatar
    Pantai Anyer memang indah..sambil melihat Gunung Anak Krakatau..makin indah jadinyaa..
    1. Comment Author Avatar
      Wah pernah ke Anyer juga ya? Iya ternyata bagusss. Lumayan bgt buat org Jabodetabek yg mau main ke pantai.
  2. Comment Author Avatar
    Aku senang banget bisa pergi ke pantai. karena menyejukkkan suasananya. Pengen suatu ketika bisa liburan ke pantai Anyer
  3. Comment Author Avatar
    Daerah dekat jabodetabek ada pantai anyer yang bisa jadi jujugan untuk melepas penat. Seera menciptakan keseruan bareng keluarga kecil. Anak-anak riang gembira ya mbak, nampak dari fotonya. senang lihatnya
    1. Comment Author Avatar
      Iya mbak. Soalnya pantai di Jakarta agak kurang bagus menurutku. Pantai Anyer ternyata lumayan juga lho jadi tempat wisata.
  4. Comment Author Avatar
    Jujur aku belum pernah ke Serang mbaa.. tapi sepertinya kalau ada kesempatan berkunjung ke Serang, Pantai Anyer ini gak boleh kelewatan yakan..
    1. Comment Author Avatar
      Hayoo mbak cobain pengalaman ke Pantai Anyer hehe
  5. Comment Author Avatar
    Waah seru ya mbaa kayaknyaa, selama ini kalo ke Jakarta kok ngga pernah kepikiran untuk mampir ke daerah pantai kayak Anyer gini yaah hihi
    1. Comment Author Avatar
      Iya mbak aku pun juga baru kali ini ke sana. Selama ini denger kata org aja.
  6. Comment Author Avatar
    Baca tulisan ini jadi pengen healing ke pantai deh. Masukin ke whislist libur semester nanti deh.
  7. Comment Author Avatar
    Pantai anyer makin indah aja, terakhir kesana udah lama banget kayanya tahun 2009, jadi pengen kesana lagi deh
    1. Comment Author Avatar
      Wah ud lama banget ya. Ayo kesana lagi mbak. Cari spot yang bagus.
  8. Comment Author Avatar
    Pernah nginep di Hotel Patra, menurut orang-orang di sana, Hotel Patra salah satu hotel terbaik di Anyer.
    1. Comment Author Avatar
      Oh iya kah? Aku baru tahu sih. Tapi emang seneng banget sih kalau bisa berlibur ke sana lagi.
  9. Comment Author Avatar
    Pantai Anyer jadi kangen, dulu sering kesini waktu masih tinggal di Jakarta.
    1. Comment Author Avatar
      Iya mbak aku juga baru pertama kali ke sana

Silahkan sampaikan pendapatmu. Mari kita berdiskusi :)