Ibu Beropini : Siap Menghadapi Pemilu 2024

Tidak lama lagi Indonesia akan menyambut pesta demokrasi dengan akan diadakannya Pemilu 2024. Tentu ini akan menjadi bagian sejarah bagi bangsa ini karena momen ini akan menjadi salah satu penentu bagi masa depan bangsa Indonesia.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, tentu aku pun juga harus mempersiapkan diri dengan adanya momentum ini. Jangan karena terlalu asyik dengan urusan rumah tangga jadi terlupa bahwa tahun depan akan ada acara besar bagi bangsa ini.

Penting untuk kita mempersiapkan pesta rakyat ini dengan sebaik-baiknya agar kita tidak sampai salah dalam memilih pemimpin. Kesalahan kita dalam memilih justru yang nantinya malah bisa mempertaruhkan nasib bangsa. Lalu persiapan apa yang saja yang harus kita lakukan dalam menghadapi pemilu 2024?

1. Cari Tahu tentang Para Kandidat

Sejauh ini untuk pilpres sudah ada tiga kandidat. Ketiga kandidat itu adalah Anies Baswedan dengan wapresnya Muhaimin. Lalu ada Ganjar Pranowo, yang sampai saat ini belum mendeklarasikan wakilnya. Kemudian kandidat Prabowo Subianto yang juga belum memberikan keputusan terkait siapa yang akan menjadi wapresnya. 

Beberapa waktu lalu, ketiga kandidat ini sempat diundang  ke UGM untuk memaparkan visi misi mereka ke depan di depan publik. Sebagai warga negara Indonesia menurutku penting untuk kita menyimak gagasan-gagasan yang mereka sampaikan dalam setiap forum diskusi. 

Gagasan tersebut setidaknya bisa memberikan gambaran tentang bagaimana rencana mereka untuk bangsa ini? Bagaimana mereka menyikapi berbagai isu di negeri ini? Jika kita jeli, mungkin kita bisa membaca  pola pikir dan sikap mereka sebagai sesosok manusia. 

Setidaknya dengan melihat pemaparan kandidat, kita bisa menjawab beberapa pertanyaan. Apakah menurut kita mereka cocok menjadi pemimpin Indonesia? Apakah kandidat tersebut memiliki kesamaan dengan nilai yang kita anut? 

Seperti yang kita ketahui, jejak digital itu abadi. Kita bisa melihat profil mereka. Kita bisa menilai bagaimana sepak terjang ketiganya selama ini. Apakah mereka pernah tersandung kasus korupsi? Apakah mereka pernah membuat kebijakan-kebijakan yang tidak pro rakyat? Apakah mereka selama ini membawa perubahan yang baik bagi lingkungan di sekitarnya? Untuk yang muslim, mungkin kita bisa melihat apakah dari ketiganya itu ada yang termasuk sosok amanah? 

Coba cek kembali jejak digital selama ini karena itu bisa menjadi gambaran kita apakah yang mereka sampaikan benar-benar dilakukan atau sekedar omong kosong. Ini juga berlaku untuk semua kandidat legislatif. 

Ingat, ketika menjelang Pilpres atau pemilihan anggota legislatif, tentu sosok kandidat ini akan menjual janji-janji manis. Kita sebagai rakyat tidak boleh mudah percaya. Salah satu hal yang bisa kita lakukan hanya melihat bagaimana kinerja dan kebijakan mereka sebelumnya. Jangan sampai kita tertipu oleh janji manis atau amplop-amplop tipis yang membuat akal sehat kita menghilang dan salah mengambil keputusan. Tentu bagi negeri ini itu semua akan menimbulkan kemalangan yang tragis. 

2. Cari Tahu tentang Parpol Pengusung

Beberapa waktu lalu aku tak sengaja  mendapatkan informasi bahwa ada situs khusus  yang membahas seputar partai politik. Situs itu adalah situs bijakmemilih.id. Situs ini kalau boleh aku bilang membahas cukup lengkap terkait  rekam jejak parpol di Indonesia. 


Seperti yang dilansir dari goodnewsfromindonesia.com, situs ini diinisiasi oleh Think Policy dan What Is Up, Indonesia? (WIUI). Mereka mengajak warga negara Indonesia terutama para pemuda untuk lebih cerdas dan bijak dalam memilih. Tentu sasaran mereka adalah anak muda karena 55 persen pemilih di pemilu tahun depan terdiri dari anak-anak muda dan pengguna internet kebanyakan anak muda. 

Data yang disampaikan pun adalah data yang cukup kredibel karena bijakmemilih.id juga berkolaborasi dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Komisi Pemberantasan Korupsi (PPID KPK) dan Indonesia Corruption Watch (ICW). Jadi, untuk semua warga negara yang nanti akan memilih, tak ada salahnya untuk mengecek informasi di situs tersebut ataupun di situs lain, agar kita bisa melihat bagaimana track record parpol selama Ini. 
 

3. Sering Update tentang Info Pemilu

Selain mengecek kandidat dan parpol, jangan lupa untuk mengecek informasi terkait pemilu. Dalam hal ini kita bisa langsung cek di situs di infopemilu.kpu.go.id. atau lewat media sosial resminya. Itu merupakan website resmi dari pemerintah yang nantinya akan memberikan informasi terupdate terkait pelaksanaan pemilu 2024. 

4. Intip Kolom Komentar 

Tak ada salahnya jika sesekali kita melihat berbagai forum diskusi seputar pemilu. Kalau aku pribadi biasanya cukup mengecek lewat kolom komentar di media sosial. Biasanya banyak informasi baru yang didapatkan. 

Terkadang aku juga bisa  melihat berbagai sudut pandang dari setiap komentar orang. Tentu komentar tersebut tidak bisa dijadikan sebagai patokan utama. Kita perlu melakukan cross check lebih lanjut untuk melihat validitasnya jadi jangan langsung percaya. Tapi dari pengalamanku selama ini, boleh dibilang aku jadi bisa mendapatkan kesimpulan tertentu terhadap berbagai kandidat. 

Oh ya, ada satu hal juga yang perlu diingat, hati-hati terhadap akun botAkun bot ini biasanya ditandai dengan jumlah followers yang sangat sedikit. Postingannya pun biasanya juga cuma sedikit atau bahkan tak ada postingan sama sekali. 

Selain itu biasanya akun baru dibuat tahun ini. Akun bot biasanya dibuat untuk memenangkan salah satu kandidat, salah satunya lewat perang komentar. Biasanya mereka juga ada yang menjelekkan kandidat yang lain.

Intinya walaupun kita bisa mendapatkan informasi dari kolom komentar, memang kita tak boleh langsung percaya dengan komentar yang ada. Cek juga siapa akun yang ada dibaliknya. 

Itulah beberapa hal penting yang perlu dilakukan dalam menghadapi pemilu 2024. Last but not least, jangan lupa berdoa agar mendapatkan petunjuk menghadapi pilihan di pemilu 2024. Ingat, pilihan kita kelak akan menentukan nasib bangsa ini. Itu bukan sekedar slogan tapi itu adalah fakta. 

Belajarlah dari pengalaman yang sudah dihadapi di negeri ini sebelumnya. Jangan sampai kesalahan yang sama terulang kembali. Bukankah kita ingin Indonesia memiliki pemimpin yang lebih baik? So, selamat menentukan pilihan, warga Negara Indonesia! Semoga kelak Indonesia memiliki pemimpin yang kebijakannya berpihak pada rakyat, hutan dan lingkungan serta sumber dayanya. 

Posting Komentar untuk "Ibu Beropini : Siap Menghadapi Pemilu 2024 "