5 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Di zaman sekarang banyak perempuan yang memilih menjadi seorang ibu rumah tangga. Tentu alasannya juga bermacam-macam. Ada yang karena memang keinginan pribadi sejak sebelum menikah dan ada yang karena diminta oleh suami untuk tinggal di rumah saja. 

Ada banyak hal yang membuat seorang perempuan memilih peran sebagai ibu rumah tangga. Tentu itu sebuah keputusan yang perlu kita hargai. Seperti halnya kita mencoba menghargai keputusan ibu yang memilih jadi ibu bekerja. 

Namun, yang akan jadi pembahasan selanjutnya adalah, ada semacam keinginan yang muncul dalam hati setiap ibu rumah tangga untuk bekerja. Keinginan untuk tetap menghasilkan uang agar bisa mendapatkan penghasilan. Tentu ada beberapa alasan yang melatarbelakangi keinginan seorang ibu rumah tangga untuk bekerja :


1. Membantu Keuangan Keluarga 

Kondisi tiap keluarga memang kadang berbeda. Ada yang kebutuhan rumah sudah terpenuhi oleh suami. Namun ada juga rumah tangga yang mungkin kesulitan dalam hal ekonomi sehingga mau tak mau seorang istri jadi ikut bekerja. 

Kondisi semacam inilah yang akhirnya membuat seorang ibu memilih bekerja. Tak lain agar bisa membantu suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga. 

2. Mengembangkan Kemampuan 

Ada juga ibu yang bekerja karena ingin mengembangkan kemampuan dirinya. Jadi bukan semata-mata perkara uang, melainkan juga ada kebutuhan ingin tetap mengasah potensi diri. Bekerja bisa menjadi salah satu caranya. 

3. Menyeimbangkan Aktivitas 

Ada kalanya seorang ibu merasa jenuh dengan rutinitas yang sama berulang-ulang. Tentu itu tidak baik bagi kesehatan mental seorang ibu. Oleh karena itu, ada ibu yang bekerja karena dia menganggap bekerja bisa menjadi salah satu cara untuk keluar dari rasa jenuh akan rutinitas. Untuk itulah seorang ibu memilih opsi bekerja walaupun itu di rumah karena bisa menjadi cara ibu menjaga kesehatan mentalnya ayat tidak jenuh dengan rutinitas harian. 

4. Ingin Menyenangkan Diri

Memang benar bahwa suami adalah sosok yang bertanggung jawab akan pemenuhan kebutuhan istri dan anak-anaknya. Namun sebagai perempuan terkadang ada keinginan untuk membeli kebutuhan pribadi dengan menggunakan uang sendiri. Bukan berarti istri tidak menghargai suami, namun memang ada semacam kepuasan dan kesenangan tersendiri membeli barang yang kita butuhkan tanpa perlu menggunakan uang kebutuhan rumah tangga. 

Itulah beberapa alasan yang membuat seorang ibu rumah tangga ingin bekerja. Namun, dalam kondisi hanya tinggal di rumah saja, kira-kira apa yang bisa dikerjakan seorang ibu rumah tangga? 
Apakah mungkin itu terjadi? Lalu ide usaha apa yang bisa dikerjakan seorang ibu yang ingin bekerja? 

Di zaman yang canggih seperti sekarang ini ternyata ibu rumah tangga tetap punya banyak peluang untuk bekerja. Ada berbagai ide usaha yang bisa dilakukan seorang ibu walaupun hanya di rumah saja. Berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga.

1. Freelance Writer

Jika ibu memiliki hobi menulis, maka opsi ini mungkin akan cocok. Freelance writer adalah orang yang menjadikan menulis sebagai pekerjaan tanpa perlu terikat pada perusahaan atau organisasi secara kontrak. 

Biasanya seorang freelance writer bisa digaji mulai dari 100 ribu per artikel. Tergantung dari pengalaman dan kompetensi yang dimiliki. 

Untuk menjadi freelance writer bisa dengan memulai menulis di  blog dan media sosial agar bisa menjadi portfolio untuk klien. Kita juga bisa menawarkan diri untuk menulis di portal berita, media atau website online. 

2. Content Creator

Saat ini banyak sekali para ibu yang menjadi content creator. Tentu ini sangat cocok bagi ibu-ibu yang senang berelasi, ekspresif dan kreatif. Pekerjaan ini cukup menggiurkan. Kita bisa mendapatkan peluang usaha dan barang endorsement secara gratis.

Cukup dengan membuat review produk atau mengerjakan tugas sesuai dengan yang klien butuhkan tanpa harus keluar rumah. Biasanya seorang content creator memerlukan media sosial yang menarik agar bisa menjadi tempat mempromosikan diri. 

Pemasukan yang didapat juga sangat lumayan. Apalagi jika kita sudah dipercaya klien dan memiliki akun media sosial yang menjanjikan. 

3. Bisnis Makanan 

Bagi ibu yang suka memasak maka opsi pekerjaan ini bisa jadi pilihan. Tinggal pilih saja sesuai minat diri. Jika tidak ingin terlalu repot, bisa juga ide bisnis menjual frozen food atau bumbu siap pakai. 

Jika memiliki sumber daya yang mencukupi, ibu juga bisa membuka usaha katering, makanan kekinian, cake and pastry, ataupun yang lainnya. Sesuaikan saja dengan minat dan kemampuan. 

4. Jasa Design atau Ilustrasi

Kalau ibu memiliki keahlian dan passion dalam membuat design dan ilustrasi, maka ibu bisa membuka jasa design atau ilustrasi di rumah. Tentu ini cukup menjanjikan karena design dan ilustrasi sangat dibutuhkan di dunia marketing. 

Perusahaan ataupun start up akan sangat membutuhkan keahlian ini. Ibu juga bisa mengerjakannya di rumah tanpa harus meninggalkan anak-anak ataupun urusan rumah tangga. 

5. Guru Les Online 

Saat ini banyak kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online. Ibu bisa membuka jasa les private sesuai dengan minat dan kemampuan ibu. Apalagi jika ibu memang punya passion di dunia pendidikan atau dalam kegiatan mengajar. 

Pekerjaan ini tentu bisa menjadi solusi bagi ibu rumah tangga yang ingin bekerja. Jika memungkinkan, ibu bahkan bisa membuka bimbingan belajar di rumah sehingga ibu masih tetap bisa mendampingi anak dan sekaligus memiliki kesibukan di luar urusan rumah tangga. 

Itulah beberapa ide usaha yang bisa dilakukan ibu rumah tangga. Tentu semua itu bisa disesuaikan dengan keahlian dan passion setiap ibu. Yang jelas, lakukan semua dengan senang hati dan jangan sampai mengganggu prioritas utama kita dalam menjadi istri dan seorang ibu. Semangat selalu!

44 komentar untuk "5 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga"

  1. Comment Author Avatar
    Di era teknologi sekarang ini sebenarnya banyak banget ide usaha bahkan untuk Ibu Rumah Tangga sekalipun. Beberapa ide yang direkomendasikan ini paling banyak di jalanin para IRT dan semoga bisa menginspirasi juga
    1. Comment Author Avatar
      Betul sekali. Peluang bagi irt cukup terbuka di era skrg.
  2. Comment Author Avatar
    Memang ada banyak ide usaha utk ibu rumah tangga ya..tinggal kemauan dan kemampuan utk konsisten menjalaninya.. Terima kasih sharing nya..
  3. Comment Author Avatar
    Boleh ini kak karena dari mana pun kalau punya ide kreatif bisa mendpatkan hasil juga ya
    1. Comment Author Avatar
      Benar. Makanya penting juga untuk selalu Update informasi.
  4. Comment Author Avatar
    no 2 benarr bangett, kita jadi punya barang-barang gratis dari endorsan sehingga jadi stimulus ide kreatif kita sebagai konten kreator
    1. Comment Author Avatar
      Iya.. Makanya skrg lagi trendnya selebgram yang rata-rata banyak juga dari kalangan ibu rumah tangga.
  5. Comment Author Avatar
    Alhamdulillah dari 5 cara yang ada, istri saya mengambil sampingan menjadi guru les mengaji, mungkin nanti akan dicoba juga ide2 lainnya
  6. Comment Author Avatar
    sudah mencoba sebagian, tapi masih keteteran, sepertinya memang harus belajar mengatur waktu lebih baik lagi.
    1. Comment Author Avatar
      Iya bener banget mbak. Kalau manajemen waktunya masih jelek, tetep ribet juga ngerjainnya ya walaupun di rumah aja.
  7. Comment Author Avatar
    Alhamdulillah sebagai ibu rumah tangga di pedesaan, setelah internet masuk dan bisa akses sekarang saya pun bisa sedikit membantu perekonomian keluarga dengan mengembangkan hobi dan kemampuan. Senangnya itu tak terkira
    1. Comment Author Avatar
      Alhamdulillah.. Sukses terus mbak.
  8. Comment Author Avatar
    selalu ada ide untuk berbisnis, yang penting bisa membagi waktunya dengan baik
  9. Comment Author Avatar
    menjadi blogger aktif juga salah satu ide "usaha" yang cocok bgt buat ibu rumah tangga dan bisa sesekali mengajarkan anak2nya dengan kebiasaan seperti itu, siapa tau kelak mereka bisa jadi blogger juga
    1. Comment Author Avatar
      Iya. Anak-anak bisa sambil belajar dari ibunya hehe
  10. Comment Author Avatar
    Ibu rumah tangga juga bisa menghasilkan dari rumah asal mau. Tapi kembali lagi pada diri masing-masing. Diantara bisnis itu, yang cocok di rumahan seperti kuliner.
    1. Comment Author Avatar
      Ya bisa disesuaikan dengan minta pribadi.
  11. Comment Author Avatar
    Aku selalu amaze dengan ibu rumah tangga yang masih bisa produktif terutama produktif bisnis atau usaha di rumah karena manajemen waktunya bakal susah banget kan. Tapi aku pribadi sih belum ada ketertarikan di bisnis ataupun usaha kadang kepikiran kalau bukan usaha kayaknya seru karena bisa menambah penghasilan
    1. Comment Author Avatar
      Aku pun juga belum berani sih kalau bisnis2 gt krn emang gak tertarik. Tapi kalau dijalani kayaknya seru juga ya.
  12. Comment Author Avatar
    Keren, ibu rumah tangga juga bisa menghasilkan, yang penting bisa membagi waktunya dengan baik.
  13. Comment Author Avatar
    Sekarang g jamannya ibu cuma bilang Ibu rumah tangga ya. Meski sebagai pekerja domestik, ibu pun sekarang lebih berdikari sambil mengaktualisasikan diri di luar ranah domestik, meski sambilan. Tetap semanagt buat para mama ❤️❤️
    1. Comment Author Avatar
      Benar sekali. Banyak cara untuk berkarya.
  14. Comment Author Avatar
    Sebenernya ide usaha ini juga bisa yaa dilakukan oleh saya yang bukan ibu rumah tangga :). Karena jenis pekerjaannya juga relevan hehehe. Tapi saya mengerti bahwa di rumah bukan berarti tidak bisa berkarya dan menghasilkan, dan ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan dan menghasilkan cuan.
    1. Comment Author Avatar
      Iya siapapun bisa melakukan. Tapi ini memang dikhususkan untuk irt krn pekerjaan ini cocok untuk dilakukan di rumah.
  15. Comment Author Avatar
    Salah satu ide usaha lainnya adalah berjualan apapun dari rumah mungkin ya Kak. Memulai dengan cara menjadi reseller dan lainnya adalah opsi yang juga bisa dilakukan ibu rumah tangga. Asal dilakukan dengan konsisten, harusnya nanti membuahkan hasil juga sih ya.
  16. Comment Author Avatar
    Di artikel ini sudah dijabarkan mengenai ide usaha untuk ibu rumah tangga. Untuk ibu2 tinggal ditambahkan skill dan kemampuan yang mumpuni supaya dapat menjalankan usaha tersebut
    1. Comment Author Avatar
      Iya. Tinggal menambah pengetahuan dan skill.
  17. Comment Author Avatar
    Kalau punya kemampuan baking atau masak, bisa jualan makanan atau punya warung di rumah. Bisa jualan baju juga. Berhubung saya sukanya baca dan nulis, profesi blogger udah yang paling cocok karena sesuai passion saya
  18. Comment Author Avatar
    Salah satu yg aku terapkan dari beberapa tahun ini adalah menjadi guru privat, baik online ataupun offline. Mumpung jg masih blm punya anak dan diizinkan sama suami. Pekerjaan ini lumayan bangett hasilnya untuk bisa ditabung
    1. Comment Author Avatar
      Masya Allah.. Sukses terus mbak.
  19. Comment Author Avatar
    Di masa gig economy seperti saat ini, pekerjaan jadi semakin banyak dan variatif. Tinggal apakah kita inovatif atau tidak dengan hal itu. Meskipun banyak teknologi baru yang menggantikan peran manusia, namun saya yakin; pasti ada jenis pekerjaan baru yang muncul :)
    1. Comment Author Avatar
      Betul.. Yang penting terus belajar menambah skill.
  20. Comment Author Avatar
    Jadi content creator yang kayanya bikin emak-emak jadi tajir, bahkan bisa lebih berduit dari suaminya. Tapi jangan jadi seleb joget2 ya mak, nanti diincar mamang2 predator seleb sosmed.. hahahaa
    1. Comment Author Avatar
      Benar. Harus tetap sesuai prinsip dan value diri ya pak.
  21. Comment Author Avatar
    Beruntung skrg udh eranya serba digital, jadi para IRT bisa tetep bekerja dan menghasilkan cuan tanpa meninggalkan rumah ya mbak. Aku sndiri lbh nyaman bgtu, drpd hrs keluar rumah setiap hari, hhehe.
    1. Comment Author Avatar
      Iya mbak.. Bisa sambil membersamai anak ya..
  22. Comment Author Avatar
    Dengan memiliki kesibukan dan karya yang bisa ditekuni, selain menambah kepercayaan diri juga lama-lama bisa menjadi pundi penghasilan yang diandalkan. Mungkin awalnya ada proses yang harus dijalani dan modal yang dikeluarkan untuk wujudkan impian.
    1. Comment Author Avatar
      Iya mbak. Yang penting jangan patah semangat untuk belajar.

Silahkan sampaikan pendapatmu. Mari kita berdiskusi :)