Review Buku : Muhammad, The Super Leader Super Manager



super leader super manager



Judul Buku: Muhammad SAW : The Super Leader Super Manager" 
Penulis: Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec
Jumlah halaman: 320 hal
Penerbit: Taskia Multimedia
Tanggal-bulan-tahun diterbitkan : Oktober 2007
ISBN:  978-979-16

Buku ini memang sudah diterbitkan sejak lama. Aku pikir banyak juga yang sudah membacanya. Review buku ini pun kubuat sejak beberapa tahun lalu tapi baru ku-publish kembali. Aku ingat saat pertama kali membaca buku ini. Waktu itu aku masih duduk di bangku kuliah. Aku benar-benar terkesima dengan pemaparan di buku ini tentang sosok Nabi Muhammad Sallahu'alaihi Wassalam yang menurutku begitu sempurna sebagai seorang pemimpin.

Apalagi jika kita bandingkan dengan kondisi sekarang. Ketika banyak terjadi ketidakadilan dalam berbagai aspek kehidupan. Ketika para pemimpin justru hidup bergelimang harta sementara rakyatnya menderita. Ketika keburukan dan kezaliman banyak terjadi di mana-mana. Entah kemana lagi kita mencari sosok pemimpin seperti beliau dan seperti para khulafaur rasyidin. 

Berbagai hal yang dibahas di buku ini pada akhirnya akan membuat kita terkagum kepada Nabi Muhammad Sallahu'alaihi Wassalam karena langka sekali pemimpin yang seperti beliau. Berikut adalah beberapa hal yang bisa jadi catatan kita semua. Tentu jika ingin tahu lebih lengkap bisa baca saja langsung bukunya ya. 

Tentang Sang Penulis 


Penulis buku ini bernama Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec. Beliau memang dikenal sebagai pakar ekonomi syariah di Indonesia. 

Beliau dulunya adalah seorang penganut Konghucu dengan nama aslinya Nio Gwan Chung. Beliau merupakan lulusan program Doctoral dalam Micro Finance dari University of Melbourne (2004). Beliau juga aktif menulis berbagai buku dan jurnal ilmiah. Dilansir dari situs https://qbngold.com, Muhammad Syafii Antonio juga mendapatkan banyak penghargaan seperti anugrah “Syariah Award” oleh Bank Indonesia, MUI dan Bank Muamalat, Arab Asia Finance Recognition Award, Arab Asia Finance Forum, Australian Alumni Award, Pemerintah Australia, serta nominee IDB Award dan King Faisal Prize.

Rangkuman Singkat tentang Isi Buku


Ketika kita berbicara tentang kepemimpinan seorang Muhammad Sallallahu'alaihi Wassalam, maka awalnya yang terpikir dalam diri kita adalah kepemimpinan dan keteladanan beliau dalam hal peribadatan. Padahal jika kita melihat secara menyeluruh, terlihat bahwa kepemimpinan beliau mencakup banyak hal.  Kepemimpinan beliau  terlihat dalam hal bisnis, keluarga, kepemimpinan dalam dakwah, dalam sosial-politik, dalam sistem pendidikan, hukum,  dan militer. Beliau bisa memimpin umatnya dalam berbagai bidang kehidupan.

Dalam hal bisnis, dijelaskan, bahwa sejak masih remaja Rasul sudah menggeluti bidang bisnis perdagangan. Dalam bidang tersebut, Muhammad Sallallahu'alaihi Wassalam terkenal sebagai orang yang jujur dan dapat dipercaya, sehingga banyak para pedagang yang menaruh kepercayaan dan menaruh modal kepada beliau.  Kemampuan beliau dalam membangun kepercayaan masyarakat saat itu mampu membuat Rasulullah Sallallahu'alaihi Wassalam dikenal sebagai pengusaha yang  berhasil. 

Kemampuannya berwirausaha menjadi suatu keunggulan tersendiri bagi sosok Rasullullah Sallallahu'alaihi Wassalam didukung dengan kepribadian yang baik dan jauh dari perbuatan-perbuatan jahiliyah. Prestasi beliau dalam perdagangan ini bukanlah sebuah hal yang bisa dimiliki oleh semua orang, sehingga kepemimpinan beliau dalam hal bisnis ini perlu menjadi sebuah pembelajaran bagi orang-orang yang ingin sukses dalam bisnisnya.

Selain itu, Rasullullah Sallallahu'alaihi Wassalam juga dikenal sebagai pribadi yang peduli dan menyayangi keluarga. Kepemimpinan beliau dalam keluarga menjadi sebuah pembelajaran bagi setiap orang yang ingin membina keluarga. Rasullullah dikenal sebagai suami dan ayah yang lembut serta penyayang bagi semua istri dan anak-anaknya. Beliau mampu menciptakan keluarga harmonis.  Beliau mampu berperan sebagai seorang ayah yang teladan, mertua yang pengertian, kakek penyayang, dan suami teladan. Beliau mampu mengatasi masalah dan problem dalam keluarganya. Sosok yang ideal bagi semua keluarga muslim yang ingin menciptakan keluarga yang diberkahi oleh Allah.

Rasullullah Sallallahu'alaihi Wassalam juga memiliki kepemimpinan dalam bidang-bidang seperti hukum. Beliau mampu menciptakan tatanan hukum modern dan mampu menerapkannya di lingkungan masyarakat yang awalnya merupakan bangsa jahiliyah. Hal ini tentu tidaklah mudah untuk dilakukan. Sangat tidak mudah mengubah sistem tatanan hukum dan pemerintahan menuju sistem yang baru seperti yang dilakukan oleh Rasullulah, namun ternyata itu bisa diwujudkan oleh beliau. 

Rasulullah Sallallahu'alaihi Wassalam juga menjadi sosok guru yang luar biasa. Beliau mampu menciptakan kader-kader terbaik muslim yang mampu menggantikan beliau ketika beliau tiada. Hal ini menunjukkan bahwa tarbiyah yang telah dilakukan Rasullulah merupakan bentuk pendidikan yang efektif, sehingga mampu menciptakan pemahaman keislaman bagi para kaum muslim saat itu. Beliau menetapkan bentuk pendidikan yang efektif dalam mengajarkan keteladanan ibadah dan dalam mengajarkan ilmu-ilmu tatanan Islam lainnya.

Demikian juga dalam sosial politik. Beliau merupakan negarawan yang memiliki kecerdasan dalam membangun sebuah negara. Bahkan beliau diakui menjadi sosok yang paling berpengaruh di dunia. Kemampuan beliau dalam memanajemen pemerintahan dan melakukan ekspansi politik keluar Madinah menjadi bukti bahwa rasul kita benar-benar menetapkan Islam yang menyeluruh dalam segala aspek kehidupan. Kemampuan beliau dalam menjalankan hal-hal perpolitikan menjadi sebuah pembelajaran yang penting bagi umat muslim yang ingin terjun ke bidang politik.

Beliau juga membuktikan kehebatannya dalam masalah militer. Beliau adalah seorang pemimpin perang yang  memiliki siasat dan strategi jitu dalam memenangkan pertempuran. Tak jarang beliau sering terjun langsung dalam pertempuran dan menyemangati para para prajurit yang terdiri dari kaum muslimin. Beliau menjadi orator hebat yang mampu menyemangati pasukan muslim untuk tetap berjuang dan meluruskan niat hanya untuk Allah dan kemenangan islam. Dalam peperangan yang terjadi, terlihat bahwa Rasullullah benar-benar memiliki kepribadian yang luar biasa. Bahkan dalam kondisi perang pun beliau meminta para sahabat dan pasukan untuk tidak sembarangan membunuh dan menjalankan adab-adab berperang.

Sungguh mencengangkan dan luar biasa. Seorang yang ummi seperti beliau mampu menciptakan peradaban baru di tanah yang awalnya  jahiliah. Jika orang lain membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun, bahkan beratus-ratus tahun, namun beliau mampu membuat sebuah peradaban baru dan perubahan yang signifikan bagi sebuah kaum yang terkenal dengan budaya jahiliahnya.

Tak cukup memang, jika aku harus menceritakan secara panjang lebar lagi apa yang terkandung dalam buku karangan M. Syafii Antonio ini, karena terlalu banyak yang bisa diceritakan dan takkan bisa juga menceritakan semua hal yang terkait dengan keteladanan beliau. Yang  jelas, satu hal yang kupahami, bahwasanya Rasullullah merupakan pemimpin yang sempurna

Beliau bisa memimpin dari sisi akhlakul karimah, kecerdasan dan ketangkasan. Beliau menjadi orang yang pertama yang mengerjakan kebajikan dan menjadi orang yang paling pertama pula meninggalkan keburukan. Ketika kebanyakan pemimpin kita saat ini berbicara dan memerintah, namun beliau adalah orang yang hanya berbicara dalam hal kebaikan dan bersikap diam selain hal mengucapkan hal itu. Ketika beribadah pun beliau akan menjadi sosok pertama yang akan melakukannya, sehingga hal tersebut memberikan contoh yang sangat baik bagi para sahabat yang ingin mencontoh beliau.

Ketika kita bicara tentang keteladanan beliau, maka tak akan ada habisnya. Namun, kepemimpinan beliau tak kan diragukan lagi dari berabad-abad yang lalu hingga saat ini dan tak kan pernah habis oleh waktu. Sungguh beruntung orang-orang yang nantinya dekat dengan beliau di surga, sungguh beruntung jika nanti kita bertemu Rasullullah Sallallahu'alaihi Wassalam dan disambut dengan senyuman hangat dari beliau. 

Tak terbayang rasanya jika itu terjadi (dan semoga itu terjadi), karena makhluk mulia sepertinya juga pasti akan bertemu dengan orang-orang mulia yang tak pernah meninggalkan Alquran dan sunnah yang telah beliau tinggalkan. Semoga keteladanan beliau dalam memimpin dapat memotivasi kita untuk paling tidak berusaha menjadi lebih baik, sehingga kita tidak malu jika nanti dipertemukan dengannya. Shalawat beserta salam akan selalu tercurah kepadamu, Wahai Rasullullah Sallallahu'alaihi Wassalam, beserta keluarga dan para sahabat. Semoga Allah berkenan mempertemukan hamba dengan orang-orang yang Engkau cintai, Aamiin Yaa Rabb.

Pendapatku tentang Buku Ini

Buku ini menurutku adalah buku yang recommended, terutama bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang Rasullullah Sallahu'alaihi Wassalam. Ketika membaca buku ini, maka semakin tahulah kita bahwa tidak ada sosok yang sesempurna dan sehebat Rasul kita, Muhammad Sallallahu'alaihi Wassalam. 

Buku ini memunculkan rasa kagum pada diri beliau karena kita bisa tahu bahwa kehebatan beliau tidak hanya meliputi satu aspek saja, tetapi juga begitu banyak bidang yang mampu beliau emban. Penjelasan itu  tertulis cukup mendetail dengan  penjelasan yang komprehensif.


Penilaian Reviewindri

Tidak selalu mudah menemukan buku yang bisa menjelaskan sosok Nabi Muhammad Sallahu'alaihi Wassalam dengan berbagai sudut pandang dan merefleksikannya ke dalam kehidupan sekarang. Buku ini menurutku cukup apik menjelaskan  tentang kepemimpinan Nabi Muhammad Sallahu'alaihi Wassalam. Mungkin sedikit saran dariku adalah penulis bisa sekalian menambahkan gambar-gambar ilustrasi yang mendukung setiap penjelasan.

Selain itu, menurut pendapatku pribadi. Ketika kita menjelaskan tentang sosok Nabi Muhammad Sallahu'alaihi wassalam, yang kita kagumi kepribadiannya, akhlaknya dan kepemimpinannya, maka janganlah menyingkat pujian beliau menjadi SAW. Tulislah lengkap atau bisa juga menambahkan tulisan arab seperti ini ﷺ. 

Jangan sampai kita menjadi sosok yang tidak bersabar dan lebih suka menyingkat pujiannya menjadi SAW hanya karena kita malas menuliskannya atau karena hal dunia lainnya. Bahkan menyebut pujiannya secara lengkap (baik ketika mengucapkan atau menuliskannya) menurutku adalah bagian sederhana dalam menunjukkan rasa cinta kita kepada Rasulullah Sallahu'alaihi Wassalam.

Secara umum, aku memberi nilai 8/10 kepada buku ini. Mudah-mudahan semakin banyak buku menarik yang menjelaskan sosok Nabi Muhammad Sallallahu'alaihi wassalam dari perspektif dunia modern dengan tetap berlandaskan kepada Alquran dan hadist Nabi Sallallahu'alaihi wassalam.


Posting Komentar untuk "Review Buku : Muhammad, The Super Leader Super Manager"